nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gedung DPR Dikabarkan Miring, Menteri Basuki Punya Pandangan Lain

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 22:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 11 470 1843781 gedung-dpr-dikabarkan-miring-menteri-basuki-punya-pandangan-lain-TF1fy0bK2L.jpg Gedung DPR. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) meminta pembangunan gedung baru kepada pemerintah. Para anggota dewan beranggapan jika gedung DPR yang ada saat ini mengalami kemiringan 7 derajat.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengaku sudah melakukan evaluasi. Evaluasi pun dilakukan berdasarkan tiga aspek yakni keamanan, keselamatan dan kenyamanan.

"Yang gedung DPR sudah saya evaluasi, sudah di audit tiga hal itu yakni kemanan, keselamatan dan kenyamanan," ujarnya saat ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Baca Juga: Soal Anggaran Gedung Baru DPR, Begini Pesan Sri Mulyani

Dari hasil evaluasi tersebut, lanjut Basuki, pihaknya mengakui aspek kenyamanan menjadi sorotan. Hal tersebut disebabkan kapasitas yang sudah melebihi jumlah maksimum. "Kenyaman juga enggak nyaman karena dulu di desain berapa ratus orang sekarang kan sudah berapa ribu orang," jelasnya.

Dirinya mencontohkan, saat ini gedung DPR didesain untuk bisa menampung 550 peserta. Sedangan saat ini, satu anggota DPR sudah memiliki staff hingga tujuh orang.

"Jadi kenyamanan pasti enggak nyaman, kareja dia di desain 550 orang dan staf satu atau dua org, sekarang staffnya tujuh orang. Jadi sudah tidak nyaman, belum nanti kamar kecil pasti antre, kalau tambah gedung baru, gedung lama masih bisa dipakai. Jadi sudah enggak nyaman, misalnya ruang kerja kan jadi satu karena harus nyaman," jelasnya.

Baca Juga: Soal Gedung Baru, Sri Mulyani Sarankan DPR Jelaskan Secara Transparan kepada Masyarakat

Sementara dari kedua aspek lainya yakni keamanan dan keselamatan lanjut Basuki, dirinya menilai saat ini masih dalam kondisi baik. Bahkan u dirinya menilai tidak ada kemiringan berarti yang ada di Gedung DPR RI. "Kalau keamanan aman tidak ada miring karena kita bandingkan dengan menara Saidah, kalau DPR masih baik," jelasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini