nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penjualan Google Tembus USD100 Miliar, Pertama dalam Sejarah

Nia Andini, Jurnalis · Jum'at 02 Februari 2018 14:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 02 320 1853757 penjualan-google-tembus-usd100-miliar-pertama-dalam-sejarah-Aqjb7j6wR7.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Holding Google, Alphabet melaporkan bahwa penjualan tahunannya mencapai USD100 miliar untuk pertama kalinya dalam 20 tahun sejarah Google. Perusahaan tersebut membukukan penjualan sebesar USD32,3 miliar untuk kuartal keempat, sehingga mendorong total pendapatan tahunannya menjadi USD110 miliar. Sementara pada 2016, penjualan Google hanya sekitar USD90 miliar.

Namun, hasilnya kinerja perusahaan mendapat tantangan. Perusahaan mengeluarkan USD9,9 miliar untuk membayar tagihan pajak yang masuk undang-undang pada bulan lalu. Sejumlah perusahaan lain, termasuk Microsoft juga mengeluarkan hal yang sama.

Baca Juga: Google Resmi Akuisisi HTC dengan Dana Rp14,6 Triliun

Saham Alphabet turun sebanyak 5% selama perdagangan, padahal laporan pendapatan yang sebelumnya sudah sedikit melambung. Perusahaan tersebut juga mengumumkan bahwa John Hennessy, anggota dewan lama, akan mengambil alih jabatan sebagai chairman Alphabet. Hennessy menggantikan Eric Schmidt, mantan CEO Google, yang mengumumkan rencana untuk mundur sebagai ketua pada bulan Desember.

Tonggak sejarah ini merupakan bukti kekuatan bisnis penjualan iklan Google, yang terus berkembang pesat meski perusahaan menghadapi kontroversi mengenai iklan pemilihan yang dibeli di Rusia dan video yang menyinggung di YouTube.

Baca Juga: Google Alphabet Kini Punya Perusahaan Keamanan Siber

Sementara itu, iklan terus mencatat hampir semua penjualan Alphabet, telah menemukan beberapa daya tarik tahun ini dalam menciptakan penghasil uang baru.

Alphabet mencatatkan penjualan hampir USD15 miliar untuk tahun ini dari "Pendapatan lain Google", yang mencakup layanan cloud dan produk perangkat keras, seperti ponsel Pixel dan speaker GoogleHome yang cerdas.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini