Uni Eropa Selidiki Praktik Monopoli di Google

Agregasi VOA, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 320 2429633 uni-eropa-selidiki-praktik-monopoli-di-google-kNmfhF0D3h.jpg Google (Foto: Unsplash)

JAKARTA - Regulator Uni Eropa melakukan penyelidikan praktik monopoli terhadap Google. Uni Eropa telah meluncurkan penyelidikan anti-monopoli yang baru terhadap Google.

Baca Juga: Google Terus Berhenti di Android, Ada Apa?

Dilansir dari VOA, Rabu (23/6/2021), penyelidikan kali ini dilakukan untuk mengetahui apakah perusahaan teknologi raksasa Amerika itu menghambat persaingan dana teknologi iklan digital.

Baca Juga:  Google Kembangkan Find My Device, Lebih Canggih dari Punya Apple?

Komisi Eropa mengatakan pihaknya telah membuka penyelidikan formal tentang apakah Google melanggar aturan persaingan di dalam blok negara-negara Eropa itu dengan memilih layanan teknologi iklannya sendiri dengan mengorbankan para penerbit, pengiklan dan layanan teknologi iklan saingannya.

Penyelidikan ini menggarisbawahi keprihatinan Eropa tentang dominasi Google dalam industri periklanan online dan apakah Google telah mengeksploitasi kelebihan data yang dimilikinya untuk memperkuat posisinya di pasar iklan, yang diperkirakan Uni Eropa bernilai 20 miliar euro atau sekitar USD24 miliar per tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini