nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amazon Pangkas Ratusan Pekerja di Seattle

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 08:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 14 320 1859310 amazon-pangkas-ratusan-pekerja-di-seattle-9o2KAP8A4F.jpg Amazon. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Amazon.com Inc. (AMZN.O) telah melakukan Pemberhentian Hubungan Kerja (PHK) ratusan pekerjaan di bisnis konsumsinya di Seattle. Perusahaan tersebut mengalihkan sumber daya ke area yang tumbuh cepat, seperti pada divisi asisten suara, Alexa.

Melansir Reuters, pemangkasan pekerjaan yang langka dilakukan oleh pengecer online terbesar di dunia tersebut, dilakukan karena Amazon menilai pada 2018 bahwa area tersebut tidak lagi memerlukan banyak staf.

Sayangnya, tidak jelas divisi spesifik mana di Amazon yang akan terkena dampaknya. Pasalnya, divisi Amazon mencakup bisnis ritel dan pasarnya, serta program seperti layanan pengiriman makanan Restoran Amazon.

Amazon yang berbasis di Seattle telah melakukan perekrutan tenaga kerja, menciptakan sekitar 130.000 pekerjaan pada 2017 dan mengumumkan rencana untuk membuka markas kedua di Amerika Utara, diperkirakan akan menambahk lebih dari 50.000 pekerjaan di sana.

Jumlah pekerja penuh dan paruh waktu naik 66% pada kuartal keempat menjadi 566.000 dari tahun sebelumnya. Angka itu mencakup karyawan di Whole Foods Market, yang diakuisisi Amazon dalam kesepakatan senilai USD13,7 miliar tahun lalu.

Sayangnya, tidak banyak divisi perusahaan yang menghasilkan keuntungan besar, seperti divisi cloud Amazon Web Services, atau komputasi suara, Alexa, area di mana Amazon melihat adanya potensi besar. Amazon berharap Alexa akan menjadi bagian rutin kehidupan konsumen dan akan memacu pesanan belanja dengan suara.

Perusahaan tersebut saat ini memiliki 3.900 lowongan kerja di Seattle, dan staf yang menghadapi PHK dapat mengajukan penawaran. Perusahaan memiliki lahan seluas 1 juta kaki persegi atau lebih untuk kantor baru di kota untuk mempekerjakan lebih banyak karyawan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini