Image

Driver Online Demo, Menko Luhut: Semua Ada Aturan

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 19:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 14 320 1859658 driver-online-demo-menko-luhut-semua-ada-aturan-qs3jtqdJEQ.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengemudi taksi online kembali melakukan aksi unjuk ras (demo) hari ini. Hal yang masih disuarakan sama, yakni menolak Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Menurut Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, segala apapun di Indonesia ini mempunyai aturan, termasuk keberlangsungan usaha taksi online. Di mana pemerintah sudah membuatkan payung hukum dalam PM 108.

"Ya kan semua ada aturan, gak boleh dong semua gak ada aturan. Kalau bebas-bebas gitu nanti gimana. Kan mesti ada aturan, dan kadang juga aturan tidak mestinya maunya kamu saja, kita lihat juga kan yang non-online (taksi konvensional," tuturnya di Kantor Menko Maritim, Gedung BPPT, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Mantan Menko Pulhukam ini menambahkan, dalam membuat aturan, tentu pemerintah memikirkan semua kepentingkan. Bukan hanya kepentingan taksi online, tapi juga kepentingan taksi konvensional.

"Kalau menangi kamu (driver online) dan bebas-bebas, yang non online marah. Makanya pemerintah itu ngatur, karena pemerintah tidak lihat siapa-siapa," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku, prihatin dengan rencana aksi yang akan dilakukan driver online. Padahal, lanjut dia, dirinya sudah mengajak driver untuk bertemu guna menyelesaikan dan mendengarkan aspirasi dari para driver.

"Ya saya prihatin, tapi berusaha memahami apa yang mereka pikirkan, sejak kemarin saya juga mengajak ketemu mereka, sebenarnya masalahnya apa," tuturnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini