Share

Begini Proses Seleksi CPNS untuk Menjaring Sosok yang Kompeten

Fakhri Rezy, Okezone · Selasa 27 Februari 2018 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 27 320 1865407 begini-proses-seleksi-cpns-untuk-menjaring-sosok-yang-kompeten-w0mmB7lqO2.jpg Ilustrasi (Foto: Ant)

JAKARTA - Kementerian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menerima kunjungan 180 mahasiswa Universitas Pasundan Bandung di Kantor Kementerian PANRB. Mahasiswa jurusan Administrasi Negara yang didampingi dosen pembimbing Ikin Sodikin ini, mempelajari kebijakan tentang reformasi birokrasi yang ada di Indonesia terutama kelembagaan, ketatalaksanaan, SDM Aparatur, dan pelayanan publik.

Mengutip laman Kemenpan RB, Jakarta, Selasa (27/2/2018), suasana semakin meriah ketika sesi tanya jawab. Seorang mahasiswa menyampaikan unek-uneknya tentang seleksi CPNS yang menurutnya belum transparan. “Bagaimana proses seleksi CPNS sekarang supaya yang masuk benar-benar yang memiliki kompetensi?” tanya salah satu mahasiswa.

 Baca juga: CPNS 2018 Dibuka, Kementerian PUPR Butuh Tenaga Ahli Konstruksi ?

Sementara mahasiswa yang lain menanyakan transparansi seleksi CPNS, karena saudaranya ada yang tidak lulus CPNS padahal sudah beberapa mengikuti tes CPNS.

Pertanyaan itu cukup mengherankan mengingat sejak tahun 2013, proses seleksi CPNS sudah menggunakan Computer Assisted Test (CAT) sehingga sangat transparan. “Sejak tahun 2013, proses seleksi CPNS sudah menggunakan Computer Assisted Test (CAT) sehingga sangat transparan,” jelas Kepala Subbagian Pelayanan Informasi dan Pengaduan Internal Kementerian PANRB Wasito.

Baca juga: Cari PNS Profesional, BKN Seleksi 2.500 ASN

Dijelaskan, dengan adanya sistem CAT ini, pemerintah memastikan tidak adanya kecurangan atau kong-kalingkong antara peserta dengan pelaksana tes. Dengan sistem ini, banyak keuntungan yang didapat diantaranya lebih kompetitif, adil, obyektif, transparan dan bebas dari KKN.

“Peserta yang masuk ruangan mendapatkan soal yang berbeda-beda. Bahkan penunggu tes bisa melihat hasil tes secara real time,” jelasnya.

Baca juga: Kumpul Kebo hingga Bolos Ratusan Hari, 33 PNS Dipecat Tidak Hormat

Wasito mengajak seluruh mahasiswa untuk mengubah mindset terhadap proses seleksi CPNS. Seleksi CPNS sekarang sudah berbeda, menjadi lebih transparan dan bebas KKN. “Ayo diubah mindsetnya! Proses seleksi CPNS sudah tidak seperti dulu lagi,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, para mahasiswa dipuaskan dengan penjelasan narasumber yang menjelaskan sesuai dengan bidangnya masing-masing yakni Kepala Bidang Penyiapan Kebijakan Kelembagaan Kementerian PANRB Ario Wiriandhi, Kepala Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III-2 Kementerian PANRB M. Yusuf Kurniawan, dan Kepala Bidang Pengembangan Karier SDM Aparatur Kementerian PANRB Wiratno Budi Santoso.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini