nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bertemu dengan Menko Luhut, SMI dan JBIC Kolaborasi Pembiayaan Infrastruktur?

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 14:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 14 320 1872630 bertemu-dengan-menko-luhut-smi-dan-jbic-kolaborasi-pembiayaan-infrastruktur-AmJwokD2WZ.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman menggelar rapat tertutup di kantornya. Turut hadir dalam rapat tersebut CEO Executive Managing Directory Japan Bank for Internasional Coorporation (JBIC) Tadashi Maeda dan Direktur Utama PT SMI Emma Sri Martini.

Ditemui usai rapat, Emma mengatakan, dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai wacana kolaborasi antara pihaknya (PT SMI) dengan JBIC untuk pembiayaan Infrastruktur. Hal ini juga guna memfasilitasi pemerintah yang sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur.

"Tadi bahas kolaborasi dengan JBIC. Kolaborasinya macem-macem," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Menurut Emma, dalam pertemuan tadi pihak JBIC menawarkan beberapa spesifikasi skema yang bisa dipakai dalam melakukan pembiayaan infrastruktur. Nantinya usulan skema tersebut akan dieksplor oleh pihaknya agar bisa menjadi skema yang benar-benar baik untuk pembiayaan infrastruktur.

"Untuk kedepannya, potensi apa dari sisi kerjasamanya, dari sisi pembiayaan, teknikal assistance, capacity building, kita belum bicara spesifik project. dia come up dengan beberapa struktur skema, kita explore.Ini baru kita mau explore lagi, kita masih belum tau," ucapnya.

Lebih lanjut Emma belum mengetahui skema tersebut akan digunakan untuk pembiayaan infrasturktur yang mana. Akan tetapi, dirinya berharap jika skema tersebut sudah didapatkan, bisa segera di terapkan dan digunakan.

Bahkan lanjutnya, diharapkan skema pembiayaan kolaborasi ini bisa digunakan pada proyek infrastruktur di tahun ini. Sehingga, pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah bisa berjalan dengan baik.

"Kalau ada yang bisa dilaksanakan tahun ini lebih baik, makanya kita explore potensinya apa sih yang kita deploy untuk perkuatan kita punya kapasitas, tidak hanya SMI tapi ya dalam konteks pembangunan infrasturktur bagaimana mereka bias berkolaborasi dengan kita," jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini