Trik Atur Duit agar Bisa Beli Gadget Mahal

Agregasi Cekaja.com, Jurnalis · Minggu 18 Maret 2018 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 18 320 1874501 trik-atur-duit-agar-bisa-beli-gadget-mahal-tkHD4BPgXB.jpg Ilustrasi: Shutterstock

ZAMAN sekarang ini, bukan sesuatu yang mengherankan jika orang berlomba-lomba membeli gadget terbaru. Kebutuhan akan komunikasi, informasi, hiburan, hingga sosial bisa terpenuhi hanya dengan gadget canggih. Harga belasan atau puluhan juta pun seakan tak jadi soal.

Padahal, harga tersebut terbilang fantastis bukan? Namun, apabila membeli gadget mahal memang sebuah keharusan karena terdapat kebutuhan penting, tak ada salahnya merelakan uang untuk membelinya.

iPhone X yang resmi dipasarkan pada Desember 2017 adalah salah satu contoh gadget dengan harga fantastis. Meski begitu, peluncuran perdananya di Indonesia tetap mendapat sambutan antusias. Pembelinya rata-rata merupakan pekerja kantoran yang rela datang sejak pagi dan memberanikan diri untuk izin dari kantor.

Memang, tidak semua orang bisa membeli iPhone X khususnya yang bergaji pas-pasan. Walau begitu, jangan langsung patah semangat. Semua keinginan bisa tercapai asal Anda memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkannya.

Misalnya saja untuk para karyawan bergaji Rp5 juta yang ingin memiliki sebuah iPhone X, ada banyak cara mewujudkannya seperti menabung hingga kredit HP online. Selengkapnya, berikut trik yang bisa dilakukan.

Simpan 30% gaji bulanan

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menabung. Supaya tak terlalu lama, coba sisihkan 30% penghasilan Anda, dan gunakan 70% sisanya untuk memenuhi kebutuhan lain. Jika gaji Anda sebesar Rp5 juta, maka seperti ini perhitungannya:

Harga iPhone X: Rp18 juta

Tabungan/bulan: 30% x Rp5 juta = Rp1,5 juta

Rp18 juta : Rp1,5 juta = 12

Dengan menyisihkan Rp1,5 juta per bulan, maka Anda bisa membeli iPhone X dalam waktu 12 bulan. Jika mau mendapatkannya lebih cepat, Anda bisa memperbesar jumlah tabungan, atau memanfaatkan bonus tahunan, uang lembur, dan pendapatan lainnya.

Cari pemasukan tambahan

Jika pendapatan bulanan dirasa kurang untuk membeli sebuah iPhone X, maka langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencari pemasukan tambahan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan.  Cobalah berjualan online, menjadi pekerja lepas seperti penulis lepas, hingga menjadi staff sales promotion untuk event-event besar.

Setidaknya, Anda bisa mengantongi uang tambahan hingga Rp1 juta tiap bulannya dari pekerjaan sampingan ini.  Namun, pastikan pekerjaan sampingan yang dilakukan tidak mengganggu pekerjaan utama Anda, ya.

Tukar tambah dengan smartphone lama

Langkah yang satu ini memang sering dilakukan ketika seseorang berencana untuk mengganti smartphone-nya. Anda bisa menjual smartphone yang dimiliki saat ini, lalu uang hasil penjualannya ditambahkan dengan tabungan yang ada.

Tentunya cara ini bisa membuat Anda lebih hemat. Lagipula nantinya, smartphone lama Anda tidak akan terpakai ketika iPhone X sudah ada di tangan. Daripada sia-sia lebih baik jual saja smartphone lama Anda untuk menambah biaya membeli iPhone X.

Beli iPhone X di luar negeri

Apple kerap menjual iPhone dengan harga berbeda di tiap negara. Beberapa negara yang menjual iPhone dengan harga termurah adalah Amerika Serikat, Hong Kong, Jepang, dan Singapura. Sayangnya, Indonesia tidak masuk dalam daftar tersebut. Ditambah lagi, iPhone yang sudah masuk Indonesia akan dikenakan pajak penjualan yang membuat harganya menjadi lebih mahal lagi.

Apabila ada saudara atau teman yang sedang berlibur ke salah satu negara yang telah disebutkan di atas, Anda bisa minta tolong kepada mereka untuk membeli iPhone X di sana untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Namun, pastikan juga bahwa iPhone X tersebut memiliki garansi internasional, sehingga jika iPhone X tersebut memiliki kendala, Anda bisa membawanya ke service center resmi Apple yang ada di Indonesia.

Manfaatkan fasilitas kredit

Berbagai gerai resmi yang menjual produk Apple, biasanya menyediakan fasilitas cicilan iPhone, baik dengan kartu kredit atau cara lainnya. Jika tidak memiliki kartu kredit, maka Anda bisa memanfaatkan fasilitas kredit HP online tanpa kartu kredit dari Kredivo.

Dengan limit kredit hingga Rp20 juta yang diberikan Kredivo, Anda bisa mendapatkan iPhone X melalui fasilitas cicilan dengan tenor 3, 6 atau 12 bulan. Bunga yang dikenakan terbilang paling rendah dibandingkan perusahaan multi-finansial lainnya, yaitu hanya 2,95% per bulan.

Cukup unduh aplikasinya di Google Play Store ataupun App Store, lalu ikuti instruksi pendaftaran sesuai dengan metode kredit yang dipilih. Tak perlu khawatir, hanya butuh waktu kurang dari 1 x 24 jam untuk proses persetujuan.

Pilihlah tenor yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Jangan memaksakan jika itu akan menyusahkan nantinya. Pastikan Anda mampu membayar cicilan iPhone X yang dibeli setiap bulan plus bunganya juga, ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini