Waspadai Aksi Skimming, Masih Ada ATM Tak Pakai CCTV

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 26 Maret 2018 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 26 320 1878064 waspadai-aksi-skimming-masih-ada-atm-tak-pakai-cctv-l68YZ2Q66X.jpg Foto: Polisi Cek ATM Cegah Aksi Skimming (Avirista/Okezone)

MALANG - Mengantisipasi kejahatan skimming yang kerap menimpa nasabah bank saat mengambil uang, Polres Malang Kota melakukan pengecekan terhadap beberapa mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Petugas bergerak bergerak sejak pukul 08.00 WIB hari ini ke sejumlah titik mesin ATM yang dinilai rawan terjadi tindak pidana kejahatan.

Setidaknya ada tiga lokasi kepolisian melakukan pengecekan yakni ATM di SPBU Jalan Soekarno-Hatta, Carrefour Jalan Letjen S. Parman, dan SPBU Ciliwung.

 Baca Juga: Polisi Tangkap 5 Orang Diduga Pelaku Kejahatan Skimming Bank BRI

Tampak petugas kepolisian melakukan pengecekan terhadap kondisi ruangan sekitar dan mengecek mesin ATM terutama pada bagian tempat memasukkan kartu ATM.

Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri menyatakan, pengecekan ini guna mengantisipasi terjadi skimming di Kota Malang. Menurutnya, dari hasil pengamatan petugas menemukan beberapa mesin ATM yang tingkat pengamanannya kurang.

"Ada beberapa yang pengamanannya kurang. Ada yang tidak dipasang kamera CCTV," ungkapnya di sela-sela pengecekan ATM, Senin (26/3/2018).

 Baca Juga: BRI Kembalikan Rp150 Juta ke 30 Nasabah Korban Skimming

Dia menambahkan, sengaja memeriksa detail pada tempat memasukkan kartu ATM karena biasanya alat untuk skimming yang cukup canggih terpasang di sana.

"Bisa dipasang di tempat memasukkan ATM. Dari sana data ATM bisa terbaca termasuk pin," tambahnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mengecek terlebih dahulu sebelum memasukkan kartu ATM dan pin. Pengecekan dimaksud mulai dari adakah kecurigaan pada posisi kamera, mesin ATM apakah berfungsi dengan baik, dan jangan mudah percaya terhadap orang yang berpura-pura menolong bila ATM tertelan.

"Di situlah kesempatan pelaku untuk menukar ATM dengan ATM kosong," tegasnya.

Meski di Kota Malang, tindak kejahatan skimming belum ada laporan namun pihaknya terus meningkatkan kewaspadaan dan terus melakukan imbauan ke masyarakat.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini