3 Tahapan Penjualan Agar Bisnis Anda Sukses

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 31 Maret 2018 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 30 320 1880181 3-tahapan-penjualan-agar-bisnis-anda-sukses-fu1TV5Rv8K.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Memiliki sebuah perusahaan bisnis yang sukses tentu menjadi keinginan semua orang.  Namun, menjalankan sebuah bisnis tidak semudah memutar balikan telapak tangan, karena butuh beberapa langkah yang wajib dilaksanakan.

Salah satu yang perlu dilakukan adalah merencanakan sebuah organisasi penjualan yang baik agar bisnis perusahaan anda sukses. Dalam sebuah organisasi penjualan setidaknya ada tiga tahapan yang harus dilakukan agar bisnis anda bisa sukses.

Dilansir dari halaman HBR, Berikut tahapan dalam organisasi penjualan yang bisa buat bisnis anda sukses :

1.Tantangan Tahap Build

Tantangan penjualan teratas dalam tahap Build adalah menciptakan cakupan penjualan yang cukup untuk mendorong produk ke pasar. Dibutuhkan waktu untuk merekrut, melatih, dan merekrut tenaga penjual yang cakap yang dapat menembus pasar baru. Pada tahap inilah model penjualan pertama kali dibentuk, apakah organisasi penjualan akan menjual langsung melalui tenaga penjualan di luar lapangan, melalui telepon dengan tenaga penjual di dalam, atau melalui mitra saluran.

2. Tantangan Tahap Bersaing

Setelah tahap pertama sukses, maka anda bisa melanjutkan kepada tahap selanjutnya yakni tahap persaingan. Untuk mulai persaingan, anda bisa memulai dari lingkungan-lingkungan terdekat anda sehingga dapat bersaing secara efektif melawan pesaing yang lebih mapan di pasar yang ada.

 Pada tahap ini organisasi penjualan mulai mengembangkan intuisi kolektifnya di mana ia dapat memenangkan bisnis baru dan di mana ia kemungkinan akan kalah. Jika atribut-atribut ini tidak ditanamkan ke dalam wiraniaga baru, "penghancuran-organisasi" terjadi.

Penjual baru akan mengejar bisnis yang tidak dapat mereka menangkan dan sumber daya pra-penjualan yang berharga akan sia-sia. Mereka tidak akan membuat kuota dan kemungkinan besar akan dibebaskan atau meninggalkan jasa mereka sendiri karena mereka tidak memiliki jaringan bisnis yang cukup untuk membuat komisi. Dalam situasi ini, ada penggerogotan organisasi karena pengisian terus-menerus tenaga penjual yang baru dan di bawah kinerja.

3. Tantangan dari Maintain Stage

Setelah berhasil menjalankan tahapan persaingan, anda bisa lanjut kepada tahapan selanjutnya yakni Maintaince. Pada tahap ini fokus bergeser dari penskalaan organisasi untuk memaksimalkan produktivitas penjualan dengan menurunkan biaya penjualan dan meningkatkan harga penjualan rata-rata.

Ini dapat menghasilkan bisnis yang bergerak dari penjualan luar ke penjualan dalam atau jaringan mitra dan distributor yang lebih murah. Tantangan lain berkisar pada prediktabilitas pendapatan dan ukuran organisasi penjualan.

Karena organisasi penjualan memiliki staf lengkap dan model cakupan wilayah selesai, tantangannya adalah di mana menemukan pendapatan tambahan untuk memenuhi target tahunan yang terus bertambah. Karena wilayah telah terpecah berkali-kali, jawabannya berkisar pada spesialisasi. Tenaga penjualan disegmentasikan berdasarkan ukuran perusahaan yang akan dipanggil, akun nasional dipisahkan, dan spesialis penjualan vertikal industri yang meliputi keuangan, pemerintah, ritel, distribusi, perawatan kesehatan.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini