nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

May Day, 150.000 Buruh Long March dari Patung Kuda Menuju Istana Presiden

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 01 Mei 2018 07:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 30 320 1893083 may-day-150-000-buruh-long-march-dari-patung-kuda-menuju-istana-presiden-UmJLw26Yz1.jpg Buruh (Foto: Okezone)

JAKARTA - Para buruh yang berada di Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar aksi dalam peringatan hari buruh sedunia atau yang biasa disebut may day. Rencananya, akan ada sebanyak 150 ribu buruh yang melancarkan aksinya  di Istana Merdeka Jakarta pada pagi ini.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, para peserta aksi nantinya akan berkumpul di patung kuda Monas pada pukul 10.00 WIB. Selanjutnya, para peserta aksi akan berjalan (long march) menuju istana negara hingga pukul 13.000 WIB.

May Day 2017, Massa Buruh Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa

Dari 150 ribu yang berpartisipasi dalam long march di Jakarta, merupakan gabungan pekerja yang berasal dari berbagai wilayah di Jabodetabek. Khususnya wilayah Karawang, Purwakarta dan juga Bekasi. 

"Untuk aksi di istana negara Jakarta ada 150 ribu buruh se-jabodetabek serang Karawang Purwakarta dengan titik kumpul aksi di patung kuda Indosat jam 10 pagi, setelah itu peserta massa aksi akan long march ke istana Presiden," ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (30/4/2018).

Baca Juga: May Day Momentum Benahi Nasib Buruh di Indonesia

Said melanjutkan setelah bertemu Presiden di depan Istana Merdeka, para buruh melanjutkan aksinya ketempat selanjutnya. Adalah Istora Senayan yang akan dijadikan tempat aksi dalam rangka memperingati hari buruh Internasional tersebut. 

"Aksi di Istana Presiden sampai jam 13.00 WIB. Kemudian peserta masa aksi akan bergerak ke Istora Senayan untuk merayakan may day," ucapnya. 

Rehat Sejenak Aksi Buruh lewat Joget Dangdut

Aksi hari buruh internasional sendiri nantinya akan dilakukan secara serempak di seluruh kota di Indonesia.  Ada sekitar satu juta buruh dari 25 Provinsi dan 200 Kabupaten di seluruh Indonesia termasuk Jakarta yang akan menggelar aksi long march. 

Untuk di Surabaya akan ada sekitar 50 ribu buruh se-Jawa Timur yang akan melakukan aksi di depan kantor Gubernur. Sementara itu, ada 15 ribu buruh se-Jawa Tengah yang juga melakukan aksi di depan kantor Gubernur.

Baca Juga: Buruh Gelar Aksi di 20 Provinsi Tuntut 7 Hal, dari PHK hingga PTKP

Di Kepulauan Riau, ada 15 ribu buruh yang melakukan aksi di depan Kantor Walikota Batam. Dan akan ada 2 ribu buruh Aceh, 10 ribu buruh Sumatera Utara dan ribuan buruh Jawa Barat yang akan melakukan aksi di depan Kantor Gubernur, Walikota dan Bupatinya masing-masing. 

"Aksi may day 1 Mei 2018 akan di ikuti hampir satu juta buruh di 25 propinsi dan 200 kabupaten kota di seluruh Indonesia," ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini