nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Menyiasati Sistem Ganjil Genap Diperluas, Nomor 4 Boleh Dicoba

Agregasi Sabtu 07 Juli 2018 14:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 07 320 1919199 cara-menyiasati-sistem-ganjil-genap-diperluas-nomor-4-boleh-dicoba-qa2HMRBteh.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Sistem ganjil genap yang diterapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2016 untuk mengurangi kemacetan di beberapa titik. Sistem ini rupanya cukup efektif untuk mengurangi jumlah kendaraan yang melintas di kawasan perkantoran Jakarta seperti di Jalan Jend. Sudirman dan Jalan Jend. Gatot Subroto.

Nah, dalam rangka pesta olahraga Asian Games 2018, Pemprov DKI Jakarta berencana untuk memperluas wilayah yang menggunakan sistem ganjil genap. Bagi Qolega yang membawa kendaraan pribadi tentunya ini akan menjadi sebuah tantangan sendiri.

Untuk mengatasi ini, tentunya ada beberapa solusi untuk mengatasi masalah transportasi ke kantor bagi Qolega. Apa saja yang bisa Qolega lakukan? Yuk, simak pembahasannya.

1. Menggunakan Kendaraan Umum

Tentunya alternatif utama yang bisa dilakukan adalah berpindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Hal ini tentunya merupakan pilihan paling ideal yang sangat tidak nyaman untuk sebagian besar orang.

 

Tetapi menilik dari segi biaya, pilihan ini merupakan sebuah pilihan yang cukup murah. Sayangnya, Anda harus mengorbankan banyak kenyamanan karena harus berdesakan dalam kendaraan umum di Jakarta.

 

2. Berangkat Lebih Pagi

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiasati aturan ganjil-genap yang diterapkan adalah dengan berangkat lebih pagi. Tetapi, cara ini bisa cukup menguras tenaga dan waktu Anda.

Keuntungannya, Anda bisa bersiap lebih baik untuk bekerja di kantor setiap harinya.

3. Menggunakan Ojek dan Taksi Online

Pilihan ini bisa menjadi pilihan selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk mengatasi pembatasan jumlah kendaraan. Anda tidak perlu berdesakan dan juga tidak perlu memikirkan masalah parkir. Cukup duduk menuju tujuan dan bayar.

 

Tetapi, menggunakan pilihan ini bisa menjadi cukup mahal disebabkan penggunaan tarif surcharge di jam-jam sibuk.

4. Kerja Dari Rumah

Bila perusahaan Anda cukup fleksibel, mungkin Anda bisa meminta untuk perusahaan memberikan pilihan bekerja dari rumah. Sehingga Anda tidak perlu merasakan kesulitan untuk menembus arus lalu lintas yang cukup padat untuk menuju kantor.

Tetapi, pastikan setiap pekerjaan Anda tetap bisa terselesaikan sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh perusahaan.

 

5. Nebeng Teman

Punya banyak teman di kantor yang menggunakan kendaraan pribadi? Tidak ada salahnya bila Anda ikut ‘menebeng’ mobil untuk berangkat dan pulang kerja.

 

Cara ini bisa cukup ampuh dan juga hemat biaya karena Anda bisa melakukan cost sharing untuk biaya bensin dan juga jalan tol. Tetapi, pastikan teman sekantor Anda melewati tempat tinggal Anda ya.

6. Bike to Work

Gerakan Bike to Work sempat booming beberapa tahun kebelakang. Gerakan ini memotivasi para pegawai kantoran untuk mau menggunakan sepeda untuk berangkat kerja.

Cara ini cukup hemat dan juga bisa menyehatkan bagi Anda. Tetapi, pastikan Anda tetap memiliki stamina untuk bekerja serta pakaian ganti.

 

7. Membeli Kendaraan Lagi

Bila uang bukan masalah bagi Anda, maka solusi ini tentunya akan sangat cocok untuk Anda. Dengan membeli kendaraan lain dengan plat nomer yang berbeda memungkinkan Anda untuk menggunakannya secara bergantian.

Pilihan yang cukup mahal untuk dipilih, tetapi pastinya akan sangat efektif dan juga aman bagi Anda.

Tentunya, pilihan cara untuk menyiasati sistem ganjil genap tersebut bisa Anda lakukan sesuai dengan kondisi dan kenyamanan yang diinginkan. Semoga saja sistem ini memang bisa menjadi solusi untuk mengurangi tingkat kemacetan di ibukota Jakarta

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini