Diguncang Isu Diskriminasi, Nike Naikkan Gaji & Bonus 7.000 Karyawan

Rafida Ulfa, Jurnalis · Kamis 26 Juli 2018 06:36 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 25 320 1927322 diguncang-isu-diskriminasi-nike-naikkan-gaji-bonus-7-000-karyawan-6K7EB5ctO6.jpg Foto: Reuters

JAKARTA - Lebih dari 7.000 pegawai Nike secara global bakal mendapatkan kenaikan gaji mulai bulan Agustus 2018.

Kebijakan baru Nike ini muncul setelah perusahaan apparel Amerika Serikat melakukan analisis lebih dalam setiap kinerja karyawan di semua level.

Dalam laporan dari the Wall Street Journal, Nike juga akan melakukan perubahan dengan memberikan bonus untuk pegawainya. Demikian seperti dilansir Business Insider.

 

Juru Bicara dari Nike sudah mengkonfirmasi atas pengumuman tersebut.

"Bulan ini, kami akan membuat pembaharuan gaji dan bonus untuk para pegawai," ujarnya.

"Melalui program bonus total Nike, kami berusaha untuk melihat perbedaan kebutuhan dari para pegawai kami, memberikan bayaran yang berbeda, gaji dan bonus yang kompetitif, dan mendukung budaya di mana karyawan merasa dilibatkan dan diberdayakan," jelasnya.

Kompensasinya berubah setelah beberapa eksekutif meninggalkan perusahaan awal tahun ini, atas dugaan perilaku yang tidak pantas.

 

Sebelumnya, Nike diguncang tuduhan diskriminasi dan ketimpangan penghasilan. Profesor Hukum Universitas Oregon Elizabeth Tippet menegaskan keputusan menaikkan gaji karyawan amat positif.

“Terkadang perusahaan takut untuk melakukan perubahan, tapi Nike tidak,” ujarnya.

Perusahaan yang berkantor pusat di Beaverton, Amerika Serikat (AS) itu sebelumnya memecat sejumlah eksekutif laki-laki papan atas. Nike mengapresiasi positif sejumlah pegawai perempuan yang selama ini berani mengungkapkan tindakan diskriminasi yang menimpa mereka.

"Ketika kami mengetahui isu tersebut, kami mengambil tindakan. Kami berfokus pada membuat Nike menjadi budaya yang inklusif dan mempercepat perbedaan representasi beragam dalam tim kepemimpinan kami," ujar CEO Nike Mark Parker.

Kenaikan gaji ini akan diberikan pada pria dan wanita, dan tidak ada keterbatasan geografi atau dari departemen mana mereka bekerja di Nike. Penyesuaian gajian tersebut akan dimulai pada 1 Agustus.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini