Share

Ribuan Pekerja Nike Kena PHK

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2020 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 24 320 2218931 ribuan-pekerja-nike-kena-phk-0lSPtBJTJP.jpg Pabrik Sepatu Nike PHK Karyawan. (Foto: Okezone.com/Forbes)

JAKARTA - Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) membenarkan adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan produsen sepatu Nike, PT Victory Chingluh Indonesia.

Hanya saja, Ketua Umum Aprisindo Eddy Widjanarko mengaku tidak mengetahui detail berapa jumlah karyawan yang terkena PHK.

Baca Juga: Imbas Covid-19, Pabrik Sepatu Nike PHK Karyawannya

"Sepertinya sekitar 1.000-an orang deh. Saya belum bisa mengonfirmasi hal ini. Nanti saya kabari jika sudah ada update," ujarnya, saat dihubungi Okezone, Minggu (24/5/2020).

Menurut Eddy, efisiensi yang dilakukan produsen sepatu memang karena terdampak pandemi corona. Virus yang kian meluas berdampak besar pada industri persepatuan di Indonesia.

Baca Juga: Tutup Pabrik di Tangerang, Produsen Sepatu Adidas PHK 2.500 Pekerja

Sebelumntya, Di media sosial Twitter, beredar kabar soal PHK massal yang dilakukan oleh PT Victory Chingluh.

"Karyawan PT Victory Chingluh Indonesia yang terletak di Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang melakukan kelulusan pabrik angkatan Covid-19,” tulis Twitter @AboutTNG.

Selain Nike, produsen sepatu lainyya PT Shyang Yao Fung telah lebih dulu mengurangi pekerjanya sebanyak 2.500 orang. Bahkan produsen sepatu Adidas ini memutuskan menutup pabrik sepatu yang berlokasi di Tangerang.

"Per Mei ini sudah tutup. Di sana (pabrik di Tangerang) ada 2.500 pekerja," ujar Eddy Widjanarko.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini