nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapitalisasi Apple Rp14.500 Triliun, Ini Foto-Foto Steve Jobs saat Merintis dari Nol

Rafida Ulfa, Jurnalis · Sabtu 04 Agustus 2018 09:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 03 320 1931373 kapitalisasi-apple-rp14-500-triliun-ini-foto-foto-steve-jobs-saat-merintis-dari-nol-ngajhI6Aw7.jpg Foto: Steve Jobs (CNBC)

JAKARTA - Kejadian bersejarah ini mungkin membuat Anda beranggapan bahwa Apple tidak akan bisa menjadi perusahaan pertama yang memiliki kapitaliasi pasar USD1 triliun atau setara Rp14.500 triliun (kurs Rp14.500 per USD).

Namun, kesuksesan saat ini tidak semudah membalikkan tangan. Ada masa sulit dan sejumlah tantangan yang dengan susah payah dilalui. Ketika Steve Jobs menjadi CEO Apple di tahun 1997 (Kini dijabat oleh Tim Cook), perusahaan itu berusaha untuk mencari pijakannya di pasar yang didominasi oleh Microsoft dan partnernya.

Michael Dell (pendiri perusahaan komputer Dell) sempat menyindir bahwa kalau dirinya berada di posisi Jobs, maka dia akan menutup Apple dan mengembalikan uang pada shareholder-nya. Namun, semua itu berhasil dilalui, bahkan Apple berhasil mencetak rekor bisnis pada nilai kapitalisasi bisnisnya.

Seperti apa perjalanannya? Inilah adalah sejarah Apple dalam foto, dari awal melalui masa-masa sulitnya hingga masa kejayaan Jobs.

1. Apple didirikan pada 1 April 1976 oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak di Los Altos, California.

 

2. Di sana juga ada pendiri ketiga juga bernama Ronald Wayne. Jobs mengajak Wayne untuk menyediakan panduan bisnis untuk dua pendiri muda ini, tapi dia berakhir dengan meninggalkan perushaan bahkan sebelum resmi di buka. Wayne membawa cek USD800 untuk sahamya di perusahaan.

3. Wayne membuat sketsa logo pertama Apple dengan tangannya.

4. Kantor pertama Apple adalah di garasi orangtua milik Jobs.

5. Produk pertama dari perusahaan Apple adalah Apple I, yaitu sebuah motherboard dengan prosesor dan beberapa memori ditunjukkan untuk penghobi. Kostumer harus membuat case-nya sendiri dan menambahkan keyboardnya sendiri dan monitor seperti yang telihat pada gambar. Dan ini dijual seharga USD666,66.

6. Apple I diciptakan oleh Wozniak, yang juga membuatnya dengan tangan di setiap rangkaiannya. Beginilah gambar desain diagramnya untuk komputer Apple I.

7. Sementara itu, Jobs menangani bisnis terutama dengan mencoba meyakinkan calon investor bahwa pasar komputer pribadi akan meledak. Akhirnya, Jobs akan mendatangkan Mike Markkula, yang membuat investasi berharga USD250.000 dan bekerja untuk Apple sebagai karyawan nomor 3, dengan kepemilikan sepertiga saham di perusahaan.

8. Apple akan diresmikan di tahun 1977, atas dukungan dari Markkula. Atas saran Markkula, Michael Scott diusulkan untuk menjadi Presiden dan CEO pertama di Apple. Alasannya, Job kala itu terlalu muda dan tidak disiplin untuk menjadi seorang CEO.

 

9. Pada 1977 diperkenalkan Apple II, yaitu komputer pribadi yang didesain oleh Wozniak yang akan mengambil alih dunia.

10. Setelah Apple II diluncurkan, aplikasi VisiCalc, yang mendorong market leaders Tandy dan Commodore. Dengan VisiCalc, Apple dapat menjual Apple ke pelanggan bisnis.

11. Di tahun 1978, Apple akan dapat mempunyai kantor resmi dengan pegawai dan produksi Apple II. Ini juga waktu di mana sebagian pegawai dari Apple merasa bosan dengan paparan Jobs yang terlalu lama.

12. Lab Xerox PARC terkenal dengan prestasi teknologinya, yang di dalamnya termasuk printer laser, mouse, dan jaringan ethernet. Di tahun 1979, Apple diizinkan untuk mengunjungi kampus PARC selama tiga hari. Kompensasinya bisa membeli 100.000 lembar saham Apple seharga USD10 per saham.

13. Pada 1980, Apple merilis Apple III, sebuah komuter berbasis bisnis yang seharusnya bersaing dengan IBM dan Microsoft yang terus berkembang. Tetapi Apple III hanya pengganti sementara, dan Xerox PARC telah membuat Jobs muda berpikir ke arah yang berbeda.

 

14. Xerox PARC meyakinkan Jobs bahwa masa depan komputasi adalah antarmuka pengguna grafis (GUI).

Jobs mempelopori upaya untuk melengkapi generasi mendatang Apple, yaitu komputer Lisa dengan GUI. Tetapi karena pertikaian, Lisa dirilis pada tahun 1983 dengan publikasi yang sangat masif, tetapi penjualan yang buruk. Pasar menilai produknya terlalu mahal dan tidak memiliki dukungan perangkat lunak yang cukup.

15. Jobs akhirnya memimpin proyek kedua. Apple Macintosh, yang digadangakan sebagai komputer paling user-friendly saat itu. Itu akan menjadi populer dengan profesional desain grafis, yang menyukai visualnya (meskipun hitam dan putih). Meskipun masih sangat mahal.

(foto)

16. Pada waktu perilisan Macintosh pertama di tahun 1983. Apple kala itu mempunyai CEO baru, yaitu John Sculley.

17. Di 1984, Apple akan merilis iklan di TV. Iklan ini, disutradarai oleh Ridley Scott dan biaya perusahaan sebesar USD1,5 juta. Ini ditayangkan selama kuartal ketiga Super Bowl XVIII.

18. Ketika ketegangan antara Jobs dan Bill Gates mulai meninggi. Awalnya, Microsoft bekerja keras untuk membuat perangkat lunak untuk Macintosh. Namun rencana tersebut ditiadakan pada tahun 1983 ketika Microsoft mengungkapkan bahwa itu juga bekerja pada pengguna grafis interface yang disebut Windows.

19. Macintosh memiliki penjualan yang kuat, tetapi tidak cukup untuk melewati dominasi IBM. Hal ini menyebabkan banyak gesekan antara Jobs dengan kelompok Macintosh (yang suka melakukan hal-hal dengan caranya sendiri). Ditambah lagi adanya pengawasan ketat dari Schulley pada produk masa depan dari dan kekecewaan dari Macintosh.

20. Hal-hal memuncak pada tahun 1985 ketika Jobs mencoba melakukan kudeta dan menggulingkan Sculley. Tetapi dewan direksi Apple berad dipihak Sculley dan menyingkirkan Jobs dari tugas manajerialnya. Jobs yang marah berhenti dan melanjutkan untuk menemukan NeXT, sebuah perusahaan komputer yang membuat workstation canggih di mana dia bisa memiliki kontrol penuh.

 

21. Wonziak pergi sekitar di tahun yang sama di 1985, mengatakan bahwa perusahaan berada pada jalan yang salah. Dia menjual banyak sahamnya.

22. Dengan tidak adanya Jobs, Sculley mempunyai hak penuh atas Apple. Pada awalnya, semua ini tampak baik, dan Apple memperkenalkan lapot PowerBooknya dan operator System 7 di 1991. System 7 memperkenalkan warna ke sistem operator Macintosh, dan akan terus berdampingan (dengan pembaharuan) sampai OS X dirilis tahun 2001.

23. Di tahun 1990-an Apple masuk ke banyak pasar baru, tapi tidak ada yang benar-benar berhasil. Mungkin kegagalan Apple paling terkenal pada tahun 90-an adalah 'Newton's Pad's 93', yang merupakan gagasan Sculley sendiri. Ini benar-benar menciptakan pasar untuk "asisten digital pribadi,". Tapi harganya USD700 dinilai terlalu mahal, tak sebanding dengan fungsinya yang hanya mencatat dan melacak inbox Anda.

24. Kesalahan terebsar Sculley adalah menghabiskan banyak waktu dan banyak uang Apple untuk membawa Sistem 7 ke mikroprosesor IBM / Motorola PowerPC baru, dibandingkan untuk arsitektur prosesor Intel yang dominan. Sebagian besar perangkat lunak ditulis untuk prosesor Intel, ditambah harganya yang semakin murah setiap tahunya.

25. Di saat yang sama, pengaruh Microsoft naik daun. Mac menawarkan pustaka perangkat lunak yang sangat baik, tetapi terbatas, pada komputer mahal. Sementara itu, Microsoft menjual Windows 3.0 pada komputer komoditas murah.

26. Setelah Apple kehilangan pendapatan kuartal pertamanya pada tahun 1993, Sculley dipecat dan diganti sebagai CEO oleh Michael Spindler, seorang ekspatriat Jerman yang telah bersama Apple sejak tahun 1980.

 

27. Spindler memiliki pekerjaan yang kurang baik dalam menindaklanjuti kesalahan besar dari PowerPC Sculley. Pada tahun 1994, Macintosh pertama yang dijalankan pada PowerPC dirilis. Namun kekayaan Apple terus melorot, ketika Windows diluncurkan. Setelah pembicaraan akuisisi dengan IBM, Sun MicroSystems, dan Philips semuanya gagal, dewan Apple menggantikan Sculley dengan Gil Amelio pada tahun 1996.

28. Era Amelio juga bermasalah. Di bawah pemerintahannya, saham Apple mencapai titik terendah dalam 12 tahun (terutama karena Steve Jobs sendiri menjual 1,5 juta saham Apple dalam satu transaksi). Amelio memutuskan untuk hanya membeli NeXT Computer Jobs senilai USD429 juta pada bulan Februari 1997 dan membawanya kembali ke Apple.

29. Pada tanggal 4 Juli pada tahun yang sama, Jobs akan melakukan kudeta di ruang rapat dan meyakinkan dewan Apple untuk menjadikannya sebagai CEO sementara. Amelio mengundurkan diri seminggu kemudian.

30. 1997 juga diperkenalkan kampanye iklan Think Different Apple yang terkenal, yang merayakan artis, ilmuwan, dan musisi terkenal.

31. Di bawah kepemimpinan dari Jobs, perusahaan akan berbaik hati dengan Microsoft, yang menginvestasikan USD150 juta di Apple sekitar tahun 1997.

32. Namun kemenangan terbesar bagi Apple dan diakui dunia teknologi secara keseluruhan adalah diluncurkannya iPhone pada tahun 2007. Sementara sisanya hanyalah sejarah.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini