nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Isu Pemindahan Ibu Kota, Investor Mulai Bangun Hotel Berbintang di Palangkaraya

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 11:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 14 320 1950338 isu-pemindahan-ibu-kota-investor-mulai-bangun-hotel-berbintang-di-palangkaraya-iN0pdGdy4R.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

LAMANDAU - Pemerintah berencana untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta menuju Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Tujuannya untuk memisahkan antara pusat pemerintahan dengan pusat bisnis Indonesia.

Bupati Lamandau Katma F Dirun mengatakan, isu pemindahaan ibu kota yang terjadi beberapa tahun ini, ternyata berdampak baik bagi kota dan kabupaten yang terletak di wilayah Kalimantan Tengah. Sebab, investor mulai sedikit demi masuk ke Kabupaten Kota di Kalimantan Tengah.

"Setelah direncanakan ini membangun euforia kebanggaan menimbulkan semangat baru. Khusus ibukota provinsi, investor itu udah mulai membangun," ujarnya saat ditemui Okezone di Lamandau, Kalimantan Tengah, Jumat (13/9/2018).

Khusus di Kabupaten Lamandau, diakuinya sudah mulai banyak investor yang masuk di kabupaten baru ini. Salah satu yang masif adalah para investor properti yang mulai membangun hotel-hotel berbintang di Lamandau.

"Kalau ingin melihat di lima tahun terkahir ini di Kalteng kita lihat hotel hotel berbintang," ucapnya.

Menurut Katma, adanya isu pemindahan ibukota juga membuat masyarakat Lamandau antusias. Hampir mayoritas masyarakat berminat untuk saling membantu dan gotong royong membangun ekonomi dan kabupaten Lamandau agar lebih baik lagi.

Apalagi menurutnya, isu pemindahan ibukota bukanlah hal yang baru bagus masyarakat Kalimantan Tengah. Sebab, pada era Presiden Soekarno, Kalimantan Tengah sudah dipersiapkan untuk menjadi ibukota baru.

Namun hal tersebut gagal terealisasi seiring bergantinya kepemimpinan. Namun pada hari ini di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo, isu pemindahan ibukota kembali muncul dan tentunya hal tersebut disambut suka cita oleh masyarakat Kalimantan Tengah.

"Kami informasikan itu bukan barang baru dan itu bukan suatu kejutan dari Kalimantan tengah. Karena sepanjang berdirinya Kalteng sudah diucapkan Presiden Soekarno. Dan persiapan untuk menjadi ibukota ini jauh jauh hari sebelum bung Karno menjadi presiden sudah diwacanakan," jelasnya.

(Feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini