nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Investor Italia Tertarik Investasi Pembangkit Listrik di Indonesia

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 14:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 25 320 1955319 investor-italia-tertarik-investasi-pembangkit-listrik-di-indonesia-IjtQEJmRab.jpg Foto: Reuters

JAKARTA - Produsen pembangkit tenaga listrik asal Italia yakni Ansaldo Energia tertarik untuk berinvestasi di Indonesia lewat pembangunan pembangkit. Bahkan, perusahaan mengaku siap mengikuti tender-tender yang dilakukan oleh pemerintah dan perusahaan listrik swasta (independen power producers/IPO) dengan bauran energi tenaga fossil dan geothermal.

Apalagi perseroan menilai Indonesia mempunyai kebutuhan atas ketersediaan tenaga listrik yang handal akan terus tumbuh. Apalagi, Indonesia juga memiliki ketersediaan sumber energi yang besar dan bervariasi seperti gas, batu bara, dan panas bumi. Hal ini tentunya membuat Indonesia menjadi salah satu pangsa pasar yang cukup potensial, dibandingkan negara lain di tingkatan ASEAN.

 

Direktur Utama Ansaldo Energia Indonesia Filipo D'Anroni mengatakan, pihaknya menyiapkan teknologi-teknologi terbaru untuk bisa mengikuti tender-tender yang Suwarman pemerintah. Teknologi ini diyakini bisa meningkatkan efesiensi, reliabilitas dan availability dari unit pembangkit.

"Ansaldo Energia juga akan meningkatkan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lokal di Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone di Jakarta, Selasa (25/9/2018).

 Baca Juga: 2 Impian Menteri Jonan untuk Listrik Nasional

Lebih lanjut Filipo menambahkan, dalam membangun pembangkit juga pihaknya sudah memikirkan untuk rencana dalam jangka waktu yang panjang. Dari mulai dibangunnya unit baru hingga kegiatan after salesman service sangat diperhatikan betul.

"Semua tergantung besarnya demand di regional," ucapnya.

Ansaldo Energia juga akan mengikuti regulasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia dengan sebaik-baiknya, sehingga, perseroan juga bisa ikut membantu pemerintah untuk mewujudkan peningkatan elektrifikasi di Indonesia.

"Ansaldo optimis mampu membantu peningkatan electrification di Indonesia. Ansaldo mempunyai produk dan teknologi yang tepat untuk mendukung hal ini," jelasnya.

 Baca Juga: Kepulauan Nias Ditargetkan 100% Teraliri Listrik pada 2019

Sebagai informasi, saat ini market share Ansaldo Energia sekitar 10% dan terus bergerak ke arah yang positif seperti harapannya. Ansaldo Energia pun telah ada beberapa tender pengadaan unit baru yang diikuti dan masih menunggu hasilnya.

"Untuk services, Ansaldo melakukan services untuk unit-unit dari produsen peralatan asli (OEM/Original Equipment Manufacture) lainnya. Hal ini sesuai dengan target dan kemampuan Ansaldo untuk melakukan servis multi platform teknologinya," jelasnya

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini