nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Targetkan Proyek KA Bandara Adi Soemarmo Selesai Tahun Depan

Bramantyo, Jurnalis · Sabtu 10 November 2018 17:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 10 320 1976027 menhub-targetkan-proyek-ka-bandara-adi-soemarmo-selesai-tahun-depan-j6jAG6Ds5j.jpg Foto: Menhub Cek KA Bandara Adi Soemarmo (Bramantyo/Okezone)

BOYOLALI - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan langsung pengerjaan proyek jalan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Boyolali.

Pantauan Okezone yang mengikuti langsung pengecekan jalur kereta, Menhub tak puas hanya mendengarkan langsung pemaparan dari pihak yang mengerjakan.

Menhub pun meminta untuk diantarkan langsung ke lokasi proyek. Setibannya di lokasi proyek, Menhub melihat pengerjaan terowongan jalur kereta yang berada persis di samping jalan tol Solo-Semarang.

 

Usai melihat proses pengerjaan proyek jalan kereta di pinggir jalan tol Solo - Semarang, Menhub pun melanjutkan pengecekan stasiun kereta di areal Bandara Adi Soemarmo.

Menhub terlihat sangat detail bertanya, baik terhadap pihak pengerjaan proyek maupun pada Dirjen Perkeretaapian yang ikut mendampingi.

Baca Juga:

Ditargetkan Tuntas November 2018, Jalur Kereta Bandara Adi Soemarmo Dipercepat

Langsung Dimulai, AP I dan Inka Kebut Proyek Kereta Bandara Solo

Termasuk mengecek ruang tunggu penumpang hingga loket penjualan tiket. Di lantai bawah, meski tengah dalam proses pengerjaan, beberapa perabot seperti kursi tunggu, meja sudah tersedia. Termasuk pendingin ruangan pun sudah berjalan.

Puas melihat lantai satu, Menhub pun mengecek ke lantai dua yang merupakan jakur kedatangan dan keberangkatan kereta bandara.

Baca Juga:

Wih, Pesawat Airbus 370 Bakal Bisa Mendarat di Bandara Adi Soemarno

Usai mengecek proses pengerjaan proyek Kereta bandara senilai Rp800 Miliar, Menhub berharap proyek berjalan lancar dan tidak ada kendala. Sehingga sesuai target pertengahan tahun depan sudah selesai.

"Targetnya selesai tahun depan. Saat ini pembangunannya sudah mencapai 30%. Mudah-mudahan Januari atau Maret 2019 KA-Bandara sudah selesai dan bisa dinikmati masyarakat," jelas Budi saat sidak pembangunan jalur kereta, Sabtu (10/11/2018).

 

Nantinya lanjut Budi, penumpang yang mau ke bandara begitu pula sebaliknya tidak perlu repot dan terburu-buru bawa kendaraan sendiri atau naik taksi ke bandara.

"Cukup naik kereta dengan waktu 20 menit murah, nyaman juga cepat. Dan Solo nanti jadi salah satu kota yang memiliki kereta bandara.

Untuk tahap awal, kereta bandara baru diberangkatkan dari stasiun Balapan Solo. Nantinya, tidak menutup kemungkinan, bila moda transportasi ini sangat dibutuhkan masyarakat yang hendak ke Bandara, titik keberangkatannya bisa di perluas ke stasiun Jebres, Solo.

"Saat ini titik keberangkatan dari stasiun Balapan Solo. Namun ke depannya tidak menutup juga keberangkatan dari daerah lainnya,"jelasnya.

 

Diakui Menhub, proyek kereta Bandara ini sempat menemui kendala terkait pembebasan lahan. Namun saat ini bisa diselesaikan, termasuk lahan milik TNI AU di Boyolali.

"Semua sudah selesai. Sudah tidak ada kendala. Kemarin soal tanah saja, tapi sudah selesai. Sekarang ini tinggal pembangunannya saja," pungkasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini