nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Samsung Minta Maaf Karyawannya Idap Penyakit Leukemia hingga Tumor Otak

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 10:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 27 320 1983304 samsung-minta-maaf-karyawannya-idap-penyakit-leukemia-hingga-tumor-otak-8Flcz28kX9.JPG Samsung (Foto: Reuters)

SEOUL - Samsung Electronics meminta maaf kepada sejumlah karyawan yang terjangkit penyakit hingga berujung kematian. Samsung mengakui gagal menciptakan lingkungan kerja yang aman di pabrik chip computer maupun pabrik display.

Pengumuman permintaan maaf perusahaan raksasa Korea Selatan ini disampaikan setelah beberapa kelompok mewakili pekerja yang sakit setuju menerima kompensasi dari Samsung. Pemberian kompensasi ini mengakhiri kebuntuan antara Samsung dan pekerja yang berlangsung selama lebih dari satu dekade. Permintaan maaf perusahaan menjadi salah satu bagian dari penyelesaian.

Baca Juga: Laba Samsung Cetak Rekor Tinggi di Kuartal III-2018

Co-President Samsung Electronic Kinam Kim mengatakan perusahaan gagal mengelola ancaman kesehatan di lini manufaktur semikonduktor dan liquid crystal display. Sebagaimana diperinci dalam laporan Associated Press selama satu dekade terakhir, puluhan karyawan yang bekerja di Samsung telah mengalami penyakit serius seperti leukemia dan tumor otak.

"Kami menyampaikan permintaan maaf kami yang tulus kepada para pekerja kami yang menderita penyakit dan keluarga mereka," kata Kim dilansir dari Bloomberg, Selasa (27/11/2018).

Meskipun mengakui adanya penyimpangan standar keamanan, Samsung belum sepenuhnya setuju jika lingkungan kerja di pabrik menjadi penyebab utama penyakit. Kasus antara Samsung dengan karyawan dimulai pada 2007 ketika sopir taksi Hwang Sang-gi menolak untuk menerima penyelesaian setelah putrinya yang berusia 23 tahun meninggal karena leukemia usai bekerja di pabrik Samsung.

samsung

Upaya Hwang untuk mengklarifikasi penyebab kematian Yu-mi dan membuat Samsung bertanggung jawab memicu gerakan yang lebih luas. Gerakan tersebut meminta pelaku bisnis dan pemerintah bertanggung jawab atas penyimpangan keselamatan dalam industri chip dan display yang menggunakan sejumlah besar bahan kimia.

"Permintaan maaf tidak akan cukup ketika mempertimbangkan penipuan dan penghinaan yang kami alami (dari Samsung) selama 11 tahun terakhir, rasa sakit karena menderita penyakit akibat kerja, rasa sakit kehilangan orang yang dicintai," kata Hwang pada konferensi pers. "Tapi saya mengambil permintaan maaf hari ini sebagai janji dari Samsung Electronics untuk meningkatkan keselamatan tempat kerjanya,” katanya.

Baca Juga: Bos Samsung Jadi Tersangka Pengemplang Pajak Rp80 Miliar

Samsung akan memberikan kompensasi pada karyawan yang terkena penyakit setelah bekerja di pabrik chip dan LCD sejak 1984, termasuk sebanyak 150 juta won (USD132.000) untuk karyawan yang menderita leukemia. Kompensasi juga mencakup keguguran dan penyakit bawaan anak-anak pekerja seperti kanker anak.

Sejak 2008, puluhan pekerja mencari kompensasi keselamatan kerja dari pemerintah. Beberapa memenangkan kompensasi setelah bertahun-tahun menempuh jalur hukum. Setengah dari klaim yang tersisa ditolak dan setengahnya masih dalam peninjauan.

Keluarga korban sering menguras tabungan mereka dan menjual rumah mereka untuk membayar tagihan rumah sakit. Beberapa pekerja akhirnya lumpuh dan tidak dapat bekerja.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini