nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Bakal Siapkan Aturan Atasi Tumpahan Minyak di Laut

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 28 November 2018 14:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 28 320 1983995 menhub-bakal-siapkan-aturan-atasi-tumpahan-minyak-di-laut-lgsBoICcrX.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya (Foto: Kemenhub)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan tengah membuat regulasi untuk mengantisipasi kembali terjadinya tumpahan minyak di perairan Indonesia. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam simposium internasional lingkungan kelautan.

"Tumpahan minyak ini ada yang sudah terjadi dan mungkin akan terjadi lagi. Jadi yang akan datang kita akan segera menyiapkan regulasi - regulasi yang memang mendukung agar tumpahan minyak tidak terjadi. Sekalipun nanti kembali terjadi akan ada tindakan preventif," ujar Menhub, dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, (28/11/2018).

Baca Juga: Rapat 7 Jam, DPR Tetapkan 10 Poin Soal Tumpahan Minyak Balikpapan

Dalam kesempatan tersebut Menhub ditemani oleh Chairman Slickbar Indonesia Bayu Satya dan Ketua Badan Pembina Universita Balikpapan Rendi S Ismail. Simposium digelar guna membahas solusi penanggulangan tumpahan minyak di laut peraian Indonesia.

Tidak hanya itu, lanjut mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini menambahkan, bahwa pihaknya juga akan mendukung segala kegiatan yang dibuat oleh Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai leading sektor.

Baca Juga: Selamatkan Teluk Balikpapan dari Tumpahan Minyak

Diketahui, KLHK sendiri merupakan leading sektor dari penanganan tumpahan minyak di Balikpapan yang beberapa waktu lalu terjadi.

"Karena ada kerugian materil yang tidak terhitung dari tumpahan minyak tersebut yaitu biota laut yang pasti akan terdampak," ujar dia.

Sementara itu, Chairman Slickbar Indonesia Bayu Satya mengungkapkan bahwa diperlukan sinergitas bersama antar pihak terkait dengan penyelesaian tumpahan minyak yang terjadi di Indonesia. Hal tersebut harus dilakukan lantaran penyelesaian masalah tumpahan minyak di Indonesia tidak kunjung terselesaikan selama ini

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini