nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

31 Pekerja Jembatan Trans Papua Ditembak, Ini Reaksi Menhub

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 04 Desember 2018 12:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 04 320 1986589 31-pekerja-jembatan-trans-papua-ditembak-ini-reaksi-menhub-uXN4DIjwWl.jpg Foto: Trans Papua (antara)

JAKARTA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menembak mati 31 pekerja proyek jembatan di jalur Trans Papua. Peristiwa pembunuhan itu diduga terjadi pada 1-2 Desember 2018.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi turut berdukacita atas terjadinya penembakan tersebut. Dirinya berharap untuk ke depannya jangan sampai terjadi kembali.

"Saya harap aparat keamanan menangkap pelaku-pelakunya, dan kalau tertangkap ditindaklanjuti dan ke depan tidak terjadi lagi," ujarnya di Hall Basket Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Baca Juga: KKB Papua Bunuh 31 Pekerja, Menhan: Mereka Pemberontak, Harus TNI yang Menangani!

Dengan terjadi hal tersebut, akan mengganggu konektivitas di Papua. Dia menjelaskan bahwa jalan Trans Papua itu domainnya Kementerian PUPR. Di mana jalannya sudah dibangun lebih dari 180 kilometer (km).

"Kami Kemenhub alokasikan 30% anggaran udara di Papua. Seperti membangun bandara, air navigasi, dan lain-lain," tuturnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pembunuhan terhadap 31 pekerja PT Istaka Karya yang sedang melakukan pembangunan jalan Trans Papua dilakukan oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya. Polisi mendapatkan laporan pembunuhan tersebut pada Senin, 3 Desember 2018.

 Baca Juga: 31 Pekerja Jembatan Trans Papua Dibunuh KKB, 1 Pleton TNI Dikerahkan ke Lokasi

KKB tersebut diduga membunuh 31 pekerja karena tidak terima ada salah satu pekerja yang mengambil foto upacara peringatan HUT Operasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2018. Upacara tersebut dilakukan di Distrik Mbua.

Awalnya, KKB membunuh ‎24 orang pekerja pada Sabtu, 1 Desember 2018. Sedangkan delapan pekerja lainnya berhasil melarikan diri dan bersembunyi di salah satu kediaman anggota DPRD setempat.

 Baca Juga: TNI-Polri Kantongi Identitas Anggota KKB yang Bunuh 31 Pekerja Jembatan

Kemudian, pada Minggu, 2 Desember 2018, KKB menjemput delapan orang yang bersembunyi dan membunuhnya secara keji. Dikabarkan, masih ada satu pekerja yang berhasil lolos dalam pembunuhan tersebut.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini