Pelabuhan Indonesia Investama Ajukan Suntikan Modal Rp1 Triliun

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 11 Desember 2018 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 11 320 1989561 pelabuhan-indonesia-investama-ajukan-suntikan-modal-rp1-triliun-adg8RvcYBS.jpg Proyek Pelabuhan (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia Investama (PII) tahun depan berencana mengajukan suntikan modal sebesar lebih dari Rp1 triliun pada induk usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Pelindo II.

Direktur Operasi dan Keuangan Pelabuhan Indonesia Investama Sophia I Watimena mengatakan, tahun ini perseroan telah memperoleh suntikan modal melalui dua instrumen, yaitu penyertaan modal dan pinjaman modal pemegang saham senilai Rp1,4 triliun.

“Kita masih mengandalkan pendanaan dari induk usaha, karena 99% saham kita masih dimiliki Pelindo II, tahun 2017 modal awal kita Rp200 miliar, tahun depan kita mengajukan suntikan modal lebih dari Rp1 triliun,” kata Sophia di Jakarta.

Baca Juga: Pelindo II Buka Lowongan, Usia Maksimal 39 Tahun

Menurut dia, PII yang baru dibentuk pada 2017 berperan mendukung pengembangan bisnis Pelindo II. PII merupakan perusahaan investasi pertama yang dimiliki perusahaan pelabuhan.

Perseroan menjalankan usaha investasi pada perusahaan bergerak di bidang jasa kepelabuhanan maupun jasa terkait kepelabuhanan. Ke depan, PII akan terus melakukan pengembangan bisnis pendukung kepelabuhanan dan melakukan pengelolaan pendanaan, baik itu ekuitas maupun shareholderloan ke anak perusahaan Pelindo II, anak perusahaan bisnis pendukung kepelabuhanan maupun proyek-proyek strategis.

Pelabuhan Tanjung Priok, Gerbang Menuju Ekspor Impor

“Kami juga akan bekerja sama dengan strategi investor dari dalam maupun luar negeri serta melakukan fundraising melalui bank ataupun pasar modal,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pelabuhan Indonesia Investama, Randy Pangalila menambahkan, perseroan akan terus melakukan inovasi dan pengembangan berkelanjutan dalam melakukan kerja sama dengan para mitra kepelabuhanan melalui penyertaan saham di anak perusahaan Pelindo II maupun perusahaan mitra kerja pelabuhan lainnya di Indonesia.

Baca Juga: BGR Logistics Buka Lowongan Kerja, Ini Syaratnya!

Sampai akhir November, PII berhasil melakukan penyertaan saham di anak perusahaan Pelindo II, yaitu di PT Jasa Armada Indonesia Tbk (JAI) dan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IKT). Sedangkan untuk anak usaha Pelindo II lainnya memasuki tahap akhir penyertaan saham di PT Pelabuhan Tanjung Priok, PT IPC Terminal Peti Kemas, PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia, PT Pengembang Pelabuhan Indonesia, serta PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia.

“Untuk penyertaan saham di perusahaan mitra kerja kepelabuhanan, PII memasuki tahap akhir untuk kerja sama dalam menyertakan saham sampai dengan 30% perusahaan mitra kerja kepelabuhanan di luar anak perusahaan Pelindo II,” katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini