nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Curhat Ridwan Kamil Kena Tipu saat Belanja Online

Mulyani, Jurnalis · Rabu 30 Januari 2019 20:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 30 320 2011594 curhat-ridwan-kamil-kena-tipu-saat-belanja-online-bMLkMwUpOO.jpg Jabar Jadi Tuan Rumah Harkonas 2019 (Foto: Mulyani/Okezone)

JAKARTA - Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun ini akan diselenggarakan di depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat pada Maret mendatang.

Sebagai tuan rumah, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Ketua BPKN Ardiansyah Parman, dan Dirjen PKTN Veri Anggrijono meluncurkan acara Hari Konsumen Nasional dan maskot yang telah diolah oleh Dirjen PKTN, di Gedung Kementerian Perdagangan, Rabu (30/1/2019).

Dalam acara tersebut nantinya akan ada pameran yang berisi 60 both yang difokuskan pada edukasi, pelayanan, dan pengaduan di bidang perlindungan konsumen. Kemudian, acara puncaknya antara lain, pemberian penghargaan pemerintah daerah peduli konsumen, peresmian kurang lebih 250 kantor metrologi legal, peresmian 500 pasar yang sudah direvitalisasi oleh Kemendag, peluncuran program Tukang Uji Timbangan, dan penyerahan rekor muri kantor UML terbanyak. Selanjutnya ada pula event-event yang mendukung acara tersebut.

Baca Juga: Nilai Transaksi Harbolnas 2018 Capai Rp6,8 Triliun

Harkonas merupakan hari penting bagi masyarakat Indonesia dalam memperjuangkan perlindungan bagi konsumen. Dalam hal ini, negara berperan dalam hal pemberdayaan konsumen, di mana saat ini banyak keluhan konsumen mengenai kerugian secara langsung maupun tidak langsung.

Bahkan Ridwan Kamil, yang merupakan Gubernur pun pernah merasakan pahitnya belanja online.

"Saya pernah beli baju batik di online, tapi barangnya tidak sampai-sampai ke rumah," ujarnya

"Kadang juga kita tergiur dengan gambar-gambar yang ada di online, tapi ternyata aslinya beda dengan yang difoto," keluh Ridwan.

Menurutnya, konsumen-konsumen yang seperti itu yang harus dilindungi. Dia juga menuturkan bahwa jumlah konsumen saat ini tercatat 50 juta, sangat ketat daya belinya dan akan naik 2 kali lipat dalam 11 tahun. Hal ini menandakan kualitas perekonomian di Indonesia akan meningkat.

Baca Juga: YLKI Blak-blakan soal Aduan saat Harbolnas

Jawa Barat merupakan konsumen terbanyak di Indonesia, karena jumlah penduduknya yakni 50 juta, mewakili 20% dari seluruh Indonesia. Perdagangan digitalnya pun, menurut Ridwan Kamil merupakan yang tertinggi sehingga ini bisa menjadi alasan kuat mengapa acara hari konsumen nasional diselenggarakan di Bandung.

Dalam acara Harkonas nanti, Ridwan Kamil mengatakan harus ada edukasi bagi generasi milenial agar Indonesia di masa mendatang akan menjadi negara yang bertanggung jawab dari sisi produsen dan konsumen.

"Kami mendukung dan berterima kasih karena Jawa Barat telah dipilih menjadi tuan rumah," ujarnya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini