nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masyarakat Diminta Cerdas Belanja Online

Mulyani, Jurnalis · Rabu 30 Januari 2019 21:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 30 320 2011627 masyarakat-diminta-cerdas-belanja-online-uEyHuFXRKa.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Seiring perkembangan teknologi, modus penipuan saat belanja online pun meningkat. Baik harga maupun barang palsu dan pencurian identitas merupakan contoh bentuk penipuan yang terjadi di dunia online.

Untuk itu, konsumen harus cerdas menyikapi perubahan model jual beli dari offline menjadi online. Tujuannya, agar tidak dirugikan oleh pedagang yang ingin mencari keuntungan lebih dengan cara tidak benar.

Dengan demikian, sosialisasi Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019 diharapkan masyarakat akan tahu apa yang harus dilakukan ketika haknya sebagai pembeli tidak terpenuhi.

Baca Juga: Nilai Transaksi Harbolnas 2018 Capai Rp6,8 Triliun

"Mudah-mudahan tahun ini acaranya luar biasa. Masyarakat bisa melihat bahwa hak-hak mereka harus dipertanggung jawakan," ujar Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Ardiansyah Parman, dalam acara peluncuran maskot Hari Konsumen Nasional 2018, di Gedung Kementerian Perdagangan, Rabu (30/1/2019).

Hari Konsumen Nasional tahun ini akan diselenggarakan di depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat pada Maret mendatang.

Sebagai tuan rumah, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Ketua BKPN, meluncurkan acara Hari Konsumen Nasional dan maskot yang telah diolah oleh Dirjen PKTN.

Baca Juga: YLKI Blak-blakan soal Aduan saat Harbolnas

Dalam acara tersebut nantinya akan ada pameran yang berisi 60 both yang difokuskan pada edukasi, pelayanan, dan pengaduan di bidang perlindungan konsumen. Kemudian, acara puncaknya antara lain, pemberian penghargaan pemerintah daerah peduli konsumen, peresmian kurang lebih 250 kantor metrologi legal, peresmian 500 pasar yang sudah direvitalisasi oleh Kemendag, peluncuran program Tukang Uji Timbangan, dan penyerahan rekor muri kantor UML terbanyak. Selanjutnya ada pula event-event yang mendukung acara tersebut.

Dalam acara Harkonas nanti, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan harus ada edukasi bagi generasi milenial agar Indonesia di masa mendatang akan menjadi negara yang bertanggung jawab dari sisi produsen dan konsumen.

“Kami mendukung dan berterima kasih karena Jawa Barat telah dipilih menjadi tuan rumah," ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini