nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Motor Masuk Tol, Pengamat Transportasi: Hanya Untungkan Moge

Mulyani, Jurnalis · Sabtu 02 Februari 2019 16:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 02 320 2012908 motor-masuk-tol-pengamat-transportasi-hanya-untungkan-moge-xP2DzaUTQk.jpg Jalan Tol (Foto: Okezone)

JAKARTA – Rencana jalan tol untuk pengendara sepeda motor menimbulkan berbagai polemik. Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, aturan tersebut memang sudah jadi regulasi dan dapat diselenggarakan. Namun kurang produktif karena hanya akan memberi keuntungan bagi pengguna motor besar.

Selama ini, rata-rata pengguna jalan tol adalah kendaraan roda empat atau lebih dengan kecepatan tinggi. Akan sangat membahayakan jika pengemudi mobil berkecepatan tinggi melintas bersamaan dengan sepeda motor. Sehingga regulasi tersebut dapat diizinkan apabila sepeda motor nantinya melintas di jalan tol dengan jalur terpisah.

“Sebenarnya yang diinginkan pengemar motor gede bukan jalur terpisah,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Sabtu (2/2/2019).

Aturan ini dianggap kurang produktif oleh Djoko, dan hanya sekedar memenuhi hobi pengguna motor gede.

“Lebih bijak lagi apabila dibuat untuk hal yang lebih positif yang membantu krisis angkutan umum,” katanya.

Mengenai aturan ini, Djoko juga mengatakan bahwa faktor keselamatan perlu diperhitungkan. Sebab, sepeda motor di Indonesia sangat bervariasi. Hal itu menentukan jenis motor seperti apa yang aman dan tidak aman untuk bisa masuk tol.

Data Kementerian Perhubungan mencatat selama ini kendaraan roda dua menjadi penyumbang terbesar atau sekitar 70% angka kecelakaan lalu lintas. Dengan demikian, jika sepeda motor diperbolehkan masuk tol dikahwatirkan angka kecelakaan lalu lintas semakin meningkat.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini