nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Semen Indonesia Jadi Pengendali Baru Saham Holcim

Rabu 06 Februari 2019 12:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 06 278 2014297 semen-indonesia-jadi-pengendali-baru-saham-holcim-JROxfWUqSb.jpg Indeks Harga Saham Gabungan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - PT Semen Indonesia Industri Bangunan, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR), resmi menjadi pengendali baru PT Holcim Indonesia Tbk. Manajemen Holcim Indonesia mengumumkan perubahan dalam pengendalian baik langsung maupun tidak langsung dari Holderfin B.V kepada Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB).

Baca Juga: Kementerian BUMN Beri Restu Semen Indonesia Akuisisi Holcim

Perubahan pengendali itu sejalan dengan adanya penjualan saham mayoritas perseroan oleh Holderfin B.V. kepada SIIB. Dengan demikian, SIIB menjadi pengendali baru di emiten berkode saham SMCB tersebut. Seperti diketahui,Semen Indonesia telah meneken perjanjian pengikatan jual beli bersyarat atauconditional sales & purchase agreement(CSPA)untuk mengambil alih 6.179.612.820 lembar saham atau 80,6% kepemilikan LafargeHolcim, melalui anak usaha Holderfin B.V., di Holcim Indonesia pada 2018. Nilai pembelian yang disepakati senilai USD917 juta.

ihsg

Direktur Utama SMGR Hendi Prio Santoso pernah bilang, beberapa tujuan strategis atas aksi korporasi ini, antara lain; untuk dapat mempertahankan posisi sebagai penguasa pasar semen di Indonesia.”Dalam situasi industri semen nasional yang semakin kompetitif, kombinasi antara Semen Indonesia dan Holcim Indonesia akan membuat foot print kami semakin besar dan kuat,” kata Hendi dilansir dari Harian Neraca, Rabu (6/2/2019).

Ditambahkan, akuisisi ini akan memperkuat jaringan penjualan dan produksi yang lebih luas, meningkatkan kemampuan untuk menawarkan produk yang semakin beragam bagi para pelanggan, serta menawarkan berbagai peluang yang lebih baik bagi para karyawan, pemasok, para rekanan dan pemangku kepentingan perusahaan.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini