nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kucurkan Kredit Digital, Bank Mandiri Gandeng 2 Unicorn RI

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 27 Februari 2019 14:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 27 320 2023506 kucurkan-kredit-digital-bank-mandiri-gandeng-2-unicorn-ri-Ar1vRxu6s8.jpg Foto: Giri Hartomo

JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) berencana menggandeng beberapa perusahaan unicorn dalam negeri untuk memberikan kredit. Adapun beberapa perusahaan unicorn yang akan digandeng seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan, rencana tersebut akan dilakukan pada tahun ini. Nantinya penyaluran kredit pinjaman tersebut maksimalnya mencapai Rp500 juta.

"Kami sedang kembangkan aplikasi pemrograman bank dengan e-commerce. Kalau sudah jadi, kami akan rapihkan agar e-commerce bisa menjadi sarana untuk menyalurkan kredit," ujarnya di Perbanas Institute, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

 Baca Juga: Sri Mulyani Minta Pengusaha Generasi Lama Belajar dari Unicorn

Hery menjelaskan penyaluran kredit digital tersebut bisa terus dilakukan. Bahkan bisa ditingkatkan jikalau respon masyarakat cukup besar.

Dengan layanan ini, perseroan menargetkan bisa mengerek jumlah nasabah pengguna jasa kredit khususnya generasi milenial. Dengan begitu, pertumbuhan kredit juga diyakini akan meningkat.

"Kami akan lihat dulu hasilnya baru kemudian kita akan lihat lagi," ucapnya.

Mengenai penyalurannya lanjut Hery, Mandiri memeriksa rekam jejak transaksi calon peminjam kredit itu di Tokopedia dan Bukalapak sebagai salah satu pertimbangan untuk menyetujui kredit. Jika memang memiliki rekam jejak bagus maka akan segera dicairkan.

"Kalau udah jadi dirapihkan kalau menyalurkan kredit lihat historikal lewat Tokopedia, Bukalapak. Sejauh ini baru dua tahun ini bisa," ucapnya.

 Baca Juga: Menkominfo Tegaskan Investor di Unicorn RI Bukan untuk Bakar Uang

Selain kredit, Bank Mandiri juga akan merilis layanan pembukaan rekening digital. Nantinya, masyarakat tidak perlu lagi datang langsung ke bank untuk membuka rekening.

"Harapannya buka rekening pakai nyambungnya ke e-KTP jadi itu dengan demikian kita tau siapa orangnya itu pengembangan nya bisa buka rekening ke aplikasi mobile phone," kata Hery.

"Verifikasi untuk pembukaan rekening ini, kami juga akan menggunakan panggilan telepon video (video call) untuk mengetahui nasabah (know your customer)," ujarnya.

Selain itu, Bank Mandiri juga mewacanakan untuk menggandeng WhatsApp. Namun Hery masih enggan membicarakan lebih jauh sebab masih dalam hal penjajakan.

"Bertahaplah kan ada Mandiri online generasi berapa. Kalau ditotal-total IT besar. Tapi opsi kita tahun ke depan mengembangkan," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini