nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Implementasi Industri 4.0 di Sektor Transportasi, dari Jasa Marga hingga Grab

Okky Wanda lestari, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 14:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 12 320 2028861 implementasi-industri-4-0-di-sektor-transportasi-dari-jasa-marga-hingga-grab-zlJETXmar4.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Indonesia bersiap memasuki era industri 4.0. Beberapa bidang pun sudah mulai masuk perubahan industri ini dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, seperti transaksi jalan tol.

VP Information Technology PT Jasa Marga (Persero) Tbk Agus Sofian mengatakan, terkait industry 4.0 4.0, tol di Indonesia sudah 100% cashless. Tak hanya itu, sekarang dikembangkan sistem free flow yang mulai diujicobakan di Bali, pengguna bisa langsung lewat, sistem ini selanjutnya akan diujicobakan di tol di Jakarta dan Trans Jawa.

Baca Juga: Menperin: Investasi Asing Jadi Program Prioritas Roadmap Indonesia 4.0

Selanjutnya, pemasangan banyak CCTV di ruas jalan tol untuk memantau, baik kecepatan pengguna jalan dan kemacetan.

"Ketiga, di rest area, diterapkan artificial intelligence (AI), setiap mobil yang masuk dan keluar terdeteksi, sehingga didapatkan informasi jumlah parkir yang tersedia," ujarnya, di di acara Round Table Discussion dalam menyambut Ulang Tahun Okezone.com yang ke-12 yang bertajuk “Kolaborasi untuk Negeri” di iNews Tower, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Baca Juga: Hadapi Era Industri 4.0, Kualitas SDM Indonesia Harus Ditingkatkan

Sementara itu dibidang transportasi, President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, kunci dari 4.0 itu Artificial intelligence (AI) . Contohnya, untuk transportasi. Grab sudah menerapkan Behavior analysis bagi si pengemudi dan konsumen.

"Dengan teknologi, sekarang kita bantu menghubungkan kebutuhan si pengemudi. Lewat teknologi, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan si pengemudi. Untuk para konsumen, memudahkan mereka mem-bookmark lokasi tujuan. Sementara Untuk regulasi, pemerintah sangat open dan merangkul kami," ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini