nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jajaran Komisioner dan Deputi BP Tapera Dilantik Pekan Depan

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 19:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 12 470 2029039 jajaran-komisioner-dan-deputi-bp-tapera-dilantik-pekan-depan-gymmgQSsLF.jpg Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akhirnya telah menetapkan pejabat Komisioner dan Deputi Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera). Penetapan lima nama Komisioner dan Deputi Komisioner setelah dikeluarkannya Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2019.

Untuk jabatan Komisioner sendiri diisi oleh Mantan Direktur PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk yakni Adi Setianto. Sementara empat jabatan Deputi Komisioner lainnya adalah diisi oleh Mantan Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni Eko Ariantoro sebagai Deputi Komisioner bidang Pengerahan Dana Tapera.

Baca Juga: 10 Nama Petinggi BP Tapera Masuk Meja Setneg

Selanjutnya Mantan Direktur Bank Mandiri Gatut Subadio yang ditunjuk sebagai Deputi Komisioner Bidang Pemupukan Dana Tapera. Kemudian ada Ariev Baginda dan juga Nostra Tarigan yang berasal dari lingkungan Kementerian PUPR.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kelima nama tersebut akan segera dilantik pada pekan depan. Meskipun begitu, dirinya tidak menyebutkan tanggal pasti dari pelantikan Komisioner dan Deputi Komisioner BP Tapera tersebut.

“Pertama kita kukuhkan dulu, kemudian mereka bekerja," ujarnya saat ditemui di Istora Senaya, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Baca Juga: Presiden Jokowi Putuskan Nama Pejabat BP Tapera, Berikut Daftarnya

Nantinya lanjut Basuki, sebagai tahap awal BP Tapera hanya akan menghimpun dan mengelola dana yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Tujuannya untuk membangun kepercaayan publik terhadap BP Tapera.

"Iya sementara ASN dulu. Jadi orang percaya dulu kepada Tapera," ucapnya.

Mengenai dana modal akan berasal dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum). Sementara Bapertarum sendiri dengan sendirinya akan bubar jika BP Tapera terbentuk.

"Permodalannya kan sudah dari Bapertarum itu. Kemudian dari Komite ini dia mulai memargerkan Bapertarum, FLPP, semua masuk di dalamnya," jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini