nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalan Trans Papua Sepanjang 575 Km Hubungkan Jayapura-Wamena

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 18:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 14 320 2030069 jalan-trans-papua-sepanjang-575-km-hubungkan-jayapura-wamena-Z8r6Nk4srJ.png Foto: Instagram Presiden Jokowi

JAKARTA – Tak lama lagi, Papua akan memiliki Jalan Trans Papua untuk memperlancar arus barang bagi mereka yang selama ini terisolasi, membuka akses bagi mereka yang selama ini tidak terhubung, dan untuk memberikan rasa keadilan terhadap mereka yang selama ini terabaikan.

“Ini tak boleh lagi kita biarkan. Pembangunan Jalan Trans Papua, Jalan Perbatasan Papua, tak bisa ditunda-tunda,” kata Presiden Jokowi, dilansir dari instagramnya, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Baca Juga: Jalan Trans Papua Dibangun, Harga Semen Turun dari Rp1 Juta Jadi Rp400.000

Pemerintah bekerja sama untuk terus membangun Jalan trans papua tersebut. Kini, dari Jayapura ke Wamena sepanjang 575 km sudah tersambung. Jika tak ada halangan tahun ini, Jalan Trans Papua sepanjang 3.534 km bisa tersambung seluruhnya.

Baca Juga: Jalan Trans Papua Ditargetkan Tersambung Tahun Ini

Pembangunan tersebut dilaksanakan mengingat mirisnya melihat orang-orang di Papua sana yang sudah terbiasa menanak nasi di pinggir jalan, bahkan ketika bepergian saja bisa sejauh 100 km.

Untuk jarak sejauh itu, tentunya mereka bisa menghabiskan dua atau tiga hari perjalanan. Jalan Trans Papua ini tentunya berguna bagi warga papua karena selain membuka daerah yang terisolir, dapat juga menurunkan harga barang di wilayah pegunungan karena akses jalannya yang sudah mudah.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini