nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Membandingkan Busway Argentina dengan Infrastruktur Indonesia

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 28 Maret 2019 18:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 28 320 2036287 membandingkan-busway-argentina-dengan-infrastruktur-indonesia-JvwJhP9nbR.jpg Foto Infrastruktur (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan pemerintah Presiden Joko Widodo menetapkan fokus untuk membangun infrastruktur di seluruh Indonesia. Bambang pun menceritakan kenapa pembangunan infrastruktur begitu penting.

"Kenapa orang butuh infrastruktur ada satu hal yang menarik. Di mana Infrastruktur itu adalah alat, karena itu konteks anggaran, infrastruktur itu sebagai belanja modal. Beda dengan belanja barang dan konsumsi. Infrastruktur ada karena kita butuh modal, modal berkembang dan ekonomi tumbuh, infrastruktur adalah suatu kebutuhan," ujarnya di Hotel Puri Denpasar Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Dia mengatakan, apabila orang-orang berkeliling di negara-negara lain pasti secara sadar atau tidak pasti membandingkan negara yang dikunjunginya dengan Indonesia.

Baca Juga: Menhub: Bangun Infrastruktur Tak Hanya di Jawa tapi Aceh hingga Papua

"Mungkin data yang diakses data makro terbatas. Tapi infrastruktur itu langsung terlihat dan langsung membandingkan. Seperti, wah negara ini lebih maju atau lebih tertinggal dibandingkan Indonesia. Saya kemarin ke Argentina yang jarang dikunjungi orang Indonesia Buenos Aires. Jakarta jauh lebih berkembang dibanding Buenos Aires," tutur dia.

Dia menjelaskan, Buenos Aires terlalu nyaman bagi masyarakatnya, seperti busway mereka jauh lebih bagus. Argentina juga punya jalan terlebar di dunia. Di tengah jalur yang begitu lebar, ada jalur dedicated untuk busway.

Baca Juga: Sri Mulyani: Daya Saing Infrastruktur Indonesia Masih Tertinggal dari Malaysia

"Beda dengan kita, kalau ktia memanfaatkan tempat yang ada. Perilaku mereka adalah menggunakan angkutan umum berbeda dengan kita. Dari sejak lama, kenapa kita tidak punya, karena kita belum bangun, karena itulah membangun infrastruktur sangat dibutuhkan," jelasnya.

Selain itu kenapa pemerintah fokus ke infrastruktur, untuk menarik investor. Infrastruktur menjadi perhatian, tidak mungkin ada investasi yang masuk ke Indonesia kalau tidak ada akses yang memadai.

"Jangan salah yang namanya investor itu pasti profit oriented dan dia tidak ingin pengeluaran menjadi besar gara-gara infrastruktur yang kurang. Infrastruktur pasti akan jadi faktor. Kalau sandang tidak menjadi isu, pangan masih menjadi isu, bahkan menjadi isu politik," kata dia.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini