nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Pastikan Proyek Kereta Makassar-Parepare Tak Mangkrak

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 16:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 05 320 2039547 menhub-pastikan-proyek-kereta-makassar-parepare-tak-mangkrak-sAFA5LUQws.jpg Foto: Kereta Makassar-Parepare (Giri/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan segera merealisasikan pembangunan kereta api Makassar-Parepare dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dari skema KPBU ini pemerintah mendapatkan dana Rp2,1 triliun dari PT Celebes Railway Indonesia (CRI) untuk konstruksi, kemudian operasi dan terakhir perawatan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, ini merupakan sejarah bagi Kementerian Perhubungan. Sebab ini merupakan proyek Kementerian Perhubungan pertama yang menggunakan skema KPBU.

"Bagi Kemenhub memang pertama kali tetapi pertama kali ini," ujarnya dalam acara penandatangan kerjasama proyek KA Makassar-Parepare di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (5/4/2019).

 Baca Juga: Kereta Api Makassar-Parepare Akan Beroperasi Akhir 2020

Budi berharap jika dengan kerjasama ini bisa jadi pembelajaran bagi Kementeriannya. Artinya, dirinya mengharapkan agar perjanjian dengan skema KPBU ini akan menjadi pendorong bagi perjanjian-perjanjian skema KPBU lainnya di lingkungan Kementerian Perhubungan khususnya dalam pembangunan infrastruktur yang saat ini menjadi fokus Pemerintah.

"Dengan ini kami akan melanjutkan di beberapa tempat karena ini baru pasaran nanti di tempat lain dan setelah itu kita akan ke udara, darat, laut supaya bisa dimanfaatkan," katanya.

Menurut Budi, dengan skema KPBU pemerintah bisa melakukan efisiensi anggaran. Karena yang seharusnya uang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk membangun kereta Makassar Pare-Pare namun bisa dimanfaatkan ke proyek yang lebih penting.

"APBNnya bisa saya gunakan untuk membangun bandara di mana, membangun jalan di Sumatera, membangun bendungan," katanya.

 Baca Juga: Proyek Kereta Makassar-Parepare Dapat Kucuran Rp2,1 Triliun

Budi juga percaya dengan skema KPBU ini proyek tidak akan mengalami mangkrak. Karena ada uang triliunan Rupiah yang ditanamkan oleh swasta.

"Kita memastikan proyek itu reliabel. Tidak ada lagi proyek mangkrak. Bisa dipastikan ini proyek terukur. Bisa dipastikan usaha ini bisa berjalan dengan baik," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini