nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RPP Produk Halal Belum Masuk Meja Presiden Jokowi

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 15:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 16 320 2044218 rpp-produk-halal-belum-masuk-meja-presiden-jokowi-PyB7itz9sQ.jpg foto: Okezone

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum menerima draft dari Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) produk halal. Oleh karena itu, PP tentang produk halal belum bisa diterbitkan.

“Belum sampai ke (meja) saya,” ujarnya saat ditemui di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Menurut Jokowi, jika nantinya sudah masuk akan langsung meneken aturan tersebut. Sebab tidak ada alasan menunda-nunda jika memang aturannya sudah siap

“Iya nanti kalau sampai di meja saya, saya tanda tangani," ucapnya.

Baca Juga: Investasi Halal Park Capai Rp200 Miliar

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin mengatakan, pihaknya masih melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan beberapa instansi terkait. Karena dalam pembuatan RPP halal ini pihaknya melibatkan banyak sekali Kementerian/Lembaga.

“Tentu ini perlu masih banyak koordinasi karena ini lintas K/L, terkait produk halal itu kan banyak sekali tidak hanya terkait dengan makanan dan minuman tapi juga terkait dengan obat-obatan, terkait dengan bahan-bahan kosmetika, banyak sekali implikasi," jelasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Angkat Industri Halal Indonesia ke Tingkat Dunia

Sebagai informasi, RP ini menjadi aturan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

Bila RPP tentang jaminan produk halal ini telah disepakati di level menteri, makan UU tentang Jaminan Produk Halal dapat efektif berjalan pada 17 Oktober 2019 nanti.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini