nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Ekonomi AS Tumbuh 3,2% di Kuartal I-2019

Sabtu 27 April 2019 09:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 27 20 2048687 penyebab-ekonomi-as-tumbuh-3-2-di-kuartal-i-2019-O6VN00fzlb.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

WASHINGTON - Departemen Perdagangan menunjukkan ekonomi Amerika Serikat tumbuh 3,2% di kuartal pertama 2019.

Tingkat pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) riil itu menunjukkan percepatan ekspansi ekonomi dari tingkat tahunan yang direvisi turun sebesar 2,2% pada kuartal keempat 2018.

Peningkatan akselerasi yang lebih cepat dari apa yang diperkirakan para ekonom, sebagian besar didorong oleh ekspor yang kuat dan investasi persediaan swasta, menurut laporan departemen. Demikian seperti dilansir Antaranews, Jakarta, Sabtu (27/4/2019).

 Baca Juga: Dolar AS Melemah meski Ekonomi Tumbuh 3,2%

Ekspor naik 3,7% pada kuartal tersebut, sementara ekspor neto, diukur dengan ekspor dikurangi impor, memberikan kontribusi 1,03 poin persentase terhadap pertumbuhan PDB kuartal tersebut.

Mengingat ketidakpastian dalam arus perdagangan antara Amerika Serikat dan mitra-mitra dagangnya akibat gesekan yang sedang berlangsung, peningkatan ekspor diyakini bersifat insidental dan bukan kekuatan pendorong abadi bagi perekonomian.

Sedangkan untuk investasi persediaan, kategori lain yang sebagian besar dianggap volatil, persediaan swasta nonpertanian menambahkan 0,67 poin persentase ke pertumbuhan dalam periode tiga bulan. Departemen itu mengatakan percepatan mencerminkan peningkatan persediaan manufaktur untuk industri barang tahan lama dan tak taham lama.

 Baca Juga: Ekonomi AS Tumbuh 3,2%, Wall Street Melesat

Pertumbuhan pengeluaran konsumen, yang menyumbang lebih dari dua pertiga dari output ekonomi AS, melambat menjadi 1,2% dibandingkan dengan kenaikan 2,5% pada kuartal terakhir 2018.

Investasi bisnis, sementara itu, lebih kuat dari pada kuartal keempat, tetapi kenaikan investasi tetap non-perumahan melemah ke tingkat tahunan 2,7% turun dari 5,4% pada kuartal sebelumnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini