PKH dan Wirausahawan Milenial Bersinergi

Koran SINDO, Jurnalis · Minggu 28 April 2019 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 28 320 2048981 pkh-dan-wirausahawan-milenial-bersinergi-Z4p5fEaXBS.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Ikatan Perempuan Profesional bersama Kementerian Sosial dan Kementerian Perindustrian mengajak wirausaha muda untuk membantu memberantas kemiskinan di Indonesia. Staf Ahli Mensos Asep Sasa mengatakan diperlukan keterlibatan generasi milenial dalam memberantas kemiskinan dengan mengembangkan wirausaha. Untuk itu, pemerintah akan menjembatani mereka dalam memperoleh akses permodalan dan pelatihan pengembangan usaha.

”Saat ini yang harus dipikirkan generasi milenial adalah membuka lapangan kerja dan tidak bergantung untuk mencari pekerjaan. Dengan membuka lapangan kerja ini maka mereka bisa membantu pemerintah untuk memberantas kemiskinan,” kata Asep dalam siaran persnya, kemarin.

Baca Juga: Keinginan Anak Muda RI Berwirausaha Lebih Tinggi Dibandingkan Filipina dan Vietnam

Dia mengaku saat ini Kementerian Sosial terus mendorong kelompok usaha bersama Program Keluarga Harapan (PKH) dapat berkolaborasi dengan wirausaha milenial agar dapat memenangkan persaingan dan mengembangkan pangsa pasar. ”Saat ini yang diperlukan adalah kolaborasi, bukan persaingan yang tidak sehat sehingga bisa tumbuh bersama,” ujarnya.

Asep menyambut baik seminar dan pemeran usaha bersama yang bertajuk ‘Indonesia Millenial Young Enterpreneur’ yang melibatkan KUBE PKH dalam pelaksanaannya. Sebanyak 38 wirausahawan mandiri KPM PKH ikut andil dalam pameran dan seminar tersebut. Seminar ini juga melibatkan Bank Sahabat Sampoerna dan Modal Rakyat Indonesia.

Baca Juga: Sri Mulyani Pede Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2019 Capai 5%

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Kasandra Putranto mengatakan peran generasi milenial dalam mengembangkan peningkatan sumber daya dan pemberdayaan ekonomi sangat tinggi. Sebagai milenial, bukan berarti kegiatannya terbatas hanya dengan sekolah atau kuliah. Tidak sedikit yang memilih untuk bekerja atau bahkan membangun usaha sendiri.

”Menjadi wirausahawan muda merupakan impian sebagian besar orang. Tentu, mempunyai usaha sendiri memiliki banyak keuntungan. Namun, tidak mudah mencapai impian tersebut. Seorang pengusaha untuk menjadi sukses harus pandai memulai usaha, mengelola, dan mengembangkannya menjadi sebuah bisnis yang produktif,” tutur Kasandra.

(Rakhmat Baihaqi)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini