nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fokus Hilirisasi, Presiden: Dari Zaman Merdeka Ekspornya Karet Mentah Saja

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Selasa 30 April 2019 08:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 30 320 2049683 fokus-hilirisasi-presiden-dari-zaman-merdeka-ekspornya-karet-mentah-saja-2dsS0ts6BC.jpeg Presiden Jokowi (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia mulai fokus menguatkan industri hilir. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah memperbesar ekspor barang jadi ketimbang barang mentah.

Presiden menyayangkan jika Indonesia hanya menjadi negara yang bisa mengekspor barang mentah. Menurutnya, ekspor akan lebih baik bila barang mentah tersebut di olah dulu di dalam negeri sebelum di kirim ke berbagai negara tujuan.

Baca Juga: Ekspor Mobil RI Ditarget 400.000 Unit

“Sebetulnya kalau ekspor ini kan kita sudah berpuluh-puluh tahun. Ekspor bahan mentah, material terus. Lha ini pentingnya hilirisasi, industrialisasi,” kata dia saat wawancara khusus dengan Pemred Okezone, Pemred iNews.id, dan Koran Sindo.

Dia mencontohkan, selama ini batubara diekspor dalam bentuk bahan mentah. Padahal batubara bisa di ekspor dalam bentuk LPG yang juga bisa dipakai kepentingan dalam negeri . Sebab, saat ini Indonesia masih mengimpor LPG.

Jokowi

Contoh lainnya adalah ekspor kelapa sawit. Dengan produksi kelapa sawit sebesar 46 juta ton, kata Jokowi, Indonesia harus mulai membuat produk turunan CPO untuk di eskpor.

“Harus berani ke situ, itu yang mau kita kejar. Lalu karet, coba dari zaman merdeka ekspornya karet mentah saja, kenapa tidak sarung tangan, ban. Kita masih banyak kesempatan hilirisasi, industrialisasi. Banyak sekali,” jelasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini