nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Pindah, Bagaimana Dampaknya ke Pertumbuhan Ekonomi?

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 06:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 14 470 2055486 ibu-kota-pindah-bagaimana-dampaknya-ke-pertumbuhan-ekonomi-ImDsPoazA2.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Pemindahan ibu kota yang tengah direncanakan oleh pemerintah ternyata memiliki dampak ekonomi pada daerah baru tersebut. Meskipun pertumbuhannya tidak signifikan.

Pengamat ekonomi Indef Bhima Yudistira mengatakan, secara pertumbuhan ekonomi di daerah, ibu kota baru ini memang mengalami pertumbuhan. Akan tetapi pengaruhnya sangat sedikit sekali terhadapi perekonomian secara nasional.

"Ada peningkatan pertumbuhan ekonomi tapi belum tentu signifikan," ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa (14/5/2019).

 Baca Juga: Pemindahan Ibu Kota Tak Akan Selesaikan Macet Jakarta

Menurut Bhima, alasan mengapa ibu kota baru ini tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan secara ekonomi adalah karena kota baru ini hanya berisi para pegawai pemerintahan. Dan memang fokus dari kota baru ini hanya sebagai pusat pemerintahan dan bukannya pusat ekonomi.

"Karena yang pindah hanya pusat pemerintahan bukan pusat ekonomi," ucapnya.

Seharusnya lanjut Bhima, pemerintahh juga membangun pusat ekonomi di sekitaran ibu kota baru ini. Misalnya dengan membangun kawasan industri, sehingga ekonomi kota baru ini bisa tumbuh signifikan.

"Yang dipindah bukan hanya fungsi pemerintahan tapi juga bisnisnya. Misalnya kawasan industri juga dibangun di sekitar ibu kota baru," katanya.

 Baca Juga: Menteri Basuki Undang Arsitek hingga Seniman Desain Ibu Kota Baru

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro menyebut pemindahan ibu kota tidak akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Jakarta. Sebab, nantinya Jakarta akan menjadi pusat bisnis

Menurut Bambang, berdasarkan data komposisi PDRB di Jakarta, kontribusi pemerintahan hanya sekitar 20%, sedangkan 80% sisanya berasal dari swasta. Artinya menurut Bhima, perekonomian Jakarta sama sekali tidak akan terganggu mengingat yang dipindahkan hanya pusat pemerintahannya saja.

"Saya katakan Jakarta tidak akan terganggu sama sekali dengan pemindahan ini. Jadi intinya, pertumbuhan ekonomi Jakarta akan tetap digerakkan oleh sektor swasta," ucapnya.

(dni)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini