nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dorong Ekspor, RI Wajib Perbaiki Ekosistem Industri

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2019 18:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 17 320 2057097 dorong-ekspor-ri-wajib-perbaiki-ekosistem-industri-ZeLlThfUTa.jpeg Pelabuhan. Foto: Shutterstock

JAKARTA - Indonesia diprediksi bisa masuk 10 besar negara eksportir terbesar dunia pada 2032. Indonesia akan berada di peringkat 9 sebagai negara dengan ekspor terbesar dunia. Ahli Industrialisasi Rizal Ruswito mengatakan, prediksi tersebut bisa terealisasi tergantung kesiapan Indonesia. Pemerintah harus bisa mengembangkan SDM, teknologi industri dan SDA.

Untuk mulai menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekspor terbesar, pertama harus memperbaiki ekosistem industri. Mulai dari lapangan usaha, peraturan keuangan, kemudahan berusaha dan ketenagakerjaan.

Baca Juga: Ekspor Anjlok, Indonesia Harus Belajar dari Korea Selatan

"Kemudian kita harus membuat strategi aksi yang terpadu dan terencana dengan dirigen yang diberi kewenangan untuk memenangkan industri Indonesia," ujarnya, di Gedung BPPT II, Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Kemudian, lanjutnya, Indonesia harus membangun militansi keberpihakan pada produk industri Indonesia dengan semangat Indonesialisme. Seperti Korea Selatan, masyarakat selalu memakai produk lokalnya.

ekspor

"Dalam perkembangannya, Korea juga mendapat keberpihakan masyarakatnya. Jadi mereka selalu pakai produk Korea. Bahkan bila ada perusahaan Korsel di mana saja, harus orang atau kaitan dengan Korsel," ujarnya.

Selanjutnya membangun brainware Indonesia sebagai unggulan, membangun nation branding untuk teknologi dan industri.

"Memanfaatkan keindahan alam dan budaya Indonesia dengan industri pariwisata serta tokoh-tokoh Indonesia yang berkiprah di dunia global untuk memperkenalkan produk industri Indonesia ke mancanegara," ujarnya.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini