Bertemu Menteri Ekonomi Jepang, Mendag Bahas Pertemuan G20

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 29 Mei 2019 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 29 320 2061769 bertemu-menteri-ekonomi-jepang-mendag-bahas-pertemuan-g20-wPgoI1Tyhp.jpeg Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Foto: Taufik/Okezone)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Hiroshige Seko di Gedung Kemendag, Jakarta, hari ini.

Enggartiasto mengatakan, pertemuan ini untuk persiapan materi yang akan dibahas dalam G20 Ministerial Meeting yang akan berlangsung di Osaka, Jepang pada akhir Juni 2019.

"Ada bebrapa hal yang Jepang mengharapkan bisa capai kesepakatan dengan kita. Seperti Jepang mengusulkan mengenai data Free Flow With Trust kepada kita," ujarnya, Rabu (29/5/2019).

Dia menuturkan, Free Flow With Trust merupakan konsep pertukaran data antar beberapa negara. Di mana Indonesia belum memutuskan sikap final atas tawaran tersebut. Pihaknya akan melakukan konsultasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

"Dari konsultasi dengan Kementerian Kominfo, Indonesia bisa menerima tawaran tersebut namun dengan berbagai catatan," tutur dia.

Baca Juga: WTO Prediksi Perdagangan Global Hanya Tumbuh 2,6%

Dia menambahkan, pertemuan itu juga membahas hal lain seperti, dukungan Indonesia terhadap reformasi substansi di Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO).

"Kemudian, multilateral trading sistem yang kita sepakat dengan Jepang, APEC Ministerial Meeting kita sudah sampaikan, dan itu jadi bagian penting di G20," kata dia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini