nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arus Mudik-Balik Lebaran 2019, Menteri Basuki Soroti Padatnya Rest Area

Senin 10 Juni 2019 19:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 10 320 2065098 arus-mudik-balik-lebaran-2019-menteri-basuki-soroti-padatnya-rest-area-4bgVImsBB0.jpg Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengkritisi padatnya tempat peristirahatan atau rest area pada arus mudik-balik Lebaran 2019.

Menurut Basuki, perlu ada manajemen yang baik dalam pengelolaan tempat peristirahatan itu, terutama di musim puncak seperti arus mudik dan balik Lebaran yang selalu padat dan menimbulkan kemacetan.

"Seberapapun rest area, tidak akan cukup dengan kondisi yang seperti ini. Di Palimanan, Kalikangkung, itu kondisi normal 17 ribu kendaraan. Kemarin, 68 ribu kendaraan, dan itu belum puncaknya," katanya seperti dilansir Antaranews, Jakarta, Senin (10/6/2019).

 Baca Juga: Arus Balik Lebaran 2019 Sudah Padati Tol Cikampek

Kebijakan satu arah yang diterapkan pun masih membuat kondisi tempat peristrirahatan penuh. Padahal, dengan kebijakan satu arah, rest area baik arah Jakarta atau arah sebaliknya bisa dipakai semua.

"'Satu arah pun juga masih penuh. Padahal dengan satu rest area di kiri kanan bisa dipakai semua," ujarnya.

 Baca Juga: H+2 Lebaran, Lalin Menuju Puncak Macet 8 Kilometer

Sebagai evaluasi, Basuki mengatakan ke depan pemerintah akan mengupayakan adanya perubahan desain parkir di tempat peristirahatan. Hal itu dilakukan guna mengakomodasi pemudik yang ingin beristirahat di sela perjalanan mudik atau balik.

"Mungkin akan kita coba nanti desain parkirnya. Sekarang parkirnya ngacak. Orang kita ini malas, mungkin karena sudah capek, jadi kalau mau ke toliet ya harus depan toilet turunnya, tidak mau jalan. Sehingga semua maunya di dekat toilet (parkirnya)," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini