nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Menkeu Chatib Basri Diangkat Jadi Komut KPEI

Selasa 11 Juni 2019 13:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 11 278 2065269 mantan-menkeu-chatib-basri-diangkat-jadi-komut-kpei-cwML3HCltJ.jpg Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri (Foto: Okezone)

JAKARTA – Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) yang digelar 29 Mei 2019 kemari memutuskan untuk mengangkat mantan Menteri Keuangan Republik Indonesia masa jabatan 2012-2014, Muhammad Chatib Basri menjadi komisaris Utama (Komut) PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia ( KPEI) masa jabatan 2019-2022.

Sekretaris Perusahaan KPEI Reynant Hadi menuturkan, pengangkatan Chatib Basri telah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham dalam RUPST,”Dewan Komisaris KPEI 2019-2022 adalah Muhammad Chatib Basri sebagai Komisaris utama, Abraham Bastari sebagai komisaris dan Tang Margeret Mutiara sebagai komisaris,”ujarnya dilansir dari Harian Neraca, Selasa (11/6/2019).

Baca Juga: KPEI Siap Berikan Fasilitas Triparty Repo, Apa Itu?

Dalam RUPST tersebut juga menyetujui laporan keuangan 2018, dengan Laba Bersih sebesar Rp91,71 miliar. Selanjutnya, pemegang saham menyetujui rekomendasi usulan penyisihan sebagian laba bersih KPEI tahun 2018 senilai 5% dari laba bersih atau sebesar Rp4.58 miliar ke dalam bentuk cadangan jaminan. Adapun cadangan jaminan merupakan salah satu sumber keuangan untuk fungsi penjaminan penyelesaian transaksi bursa.

Sepanjang tahun 2018 kemarin, lanjut Reynant Hadi, berbagai inisiatif yang ditetapkan KPEI dalam rencana strategis perusahaan telah berhasil dikembangkan. Pengembangan tersebut mencakup aspek bisnis dan operasional, sistem teknologi informasi, peraturan serta pengembangan kapasitas organisasi.“Realisasi berbagai strategi, inisiatif, dan program kerja tersebut merupakan perwujudan komitmen KPEI untuk terus memberikan layanan terbaik dan nilai tambah dalam melaksanakan perannya sebagai penyelenggara kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi bursa,”ujarnya.

Baca Juga: BEI Terapkan Auto Rejection Waran Mulai Pertengahan Maret

Bersama regulator (OJK) dan SRO lainnya (BEI dan KSEI), KPEI berhasil mengembangkan infrastruktur dalam rangka meningkatkan layanan pasar modal Indonesia. Program yang telah diimplementasikan antara lain penyelesaian transaksi dari T+3 ke T+2, serta Enhancement Architecture e-CLEARS (EAE) yang merupakan pembaruan dari sistem kliring dan penjaminan e-CLEARS.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini