nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tutup Posko Mudik, Menhub: Maaf Apabila Belum Maksimal

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 11:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 14 320 2066357 tutup-posko-mudik-menhub-maaf-apabila-belum-maksimal-yhAsC9svCu.jpg Foto: Posko Mudik Angkutan Lebaran 2019 Ditutup

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menutup posko tingkat nasional untuk penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu 2019 pada hari ini. Penutupan dilakukan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan ditandai penanggalan tanda peserta posko.

Dalam sambutannya, Budi Karya mengatakan, mudik pada tahun ini bisa dikatakan sukses. Oleh karena itu, dirinya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang membantu mensukseskan mudik Lebaran ini.

“Saya secara pribadi, menyampaikan terima kasih pada stakeholder, Polri, Kementerian PU, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, BMKG, dan semua pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu,” ujarnya di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Baca Juga: Penanganan Arus Balik Lebaran 2019 Kurang Maksimal, Menhub Minta Maaf

Menurut Budi beberapa catatan positif pada mudik Lebaran tahun ini adalah tidak terjadinya penumpukan kemacetan yang berlebih di beberapa titik rawan macet. Padahal jumlah pemudik pada tahun ini mengalami kenaikan yang signifikan.

Masih Saja Terjadi! Pemudik Sepeda Motor Bawa Anak Kecil

Angka pemudik kendaraan roda empat naik hingga 17% dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara jumlah pemudik motor mengalami penurunan hingga 12% dibandingkan tahun lalu.

Kemenhub juga mencatat terjadi penurunan angka kecelakaan. Penurunan mencapai 71%, dari semula 1.942 pada 2018 menjadi 560 kecelakaan.

Baca Juga: Uang Mudik Lebaran Bisa untuk Investasi di Daerah, Ini Caranya

“Kalau kita lihat dari yang terjadi saya menyampaikan secara kualitatif satu hal paling penting bagi Kementerian Perhubungan adalah satu analisis terhadap safety dan invorment. Karena Alhamdulillah safety ada penurunan signifikan berkaitan kecelakaan yang turun lebih dari 70%,”

Di sisi lain, dirinya juga mengakui jika pada mudik lebaran tahun ini masih ada beberapa kekurangan. Namun kekurangan yang terjadi pada tahun ini nantinya akan dijadikan pelajaran untuk menyongsong mudik Lebaran pada tahun berikutnya. 

“Kami menyampaikan maaf apabila yang kami lakukan belum maksimal,” ucapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini