nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sistem Satu Arah Jadi Andalan Mudik Lebaran Tahun Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 11:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 14 320 2066366 sistem-satu-arah-jadi-andalan-mudik-lebaran-tahun-ini-HgrkwKrnhe.jpg Foto: Posko Mudik Angkutan Lebaran 2019 Ditutup

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut mudik Lebaran tahun ini berjalan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari angka kemacetan yang mengalami penurunan.

Menurut Budi, turunnya angka kemacetan tidak terlepas dari pemberlakuan sistem satu arah alias one way yang lebih panjang dibandingkan tahun sebelumnya. Sistem satu arah pada mudik lebaran tahun ini berlaku dari Cikampek hingga Semarang.

“Kita tentu mencatat beberapa hal positif dari apa yang kita lakukan dan juga mencatat apa yang menjadi kekurangan, bagaimana kita menetapkan one way sebagai suatu solusi hasil koordinasi kita dengan semua stakeholders sehingga kita bisa memutuskan keputusan yang terbaik untuk saat ini,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Baca Juga: Tutup Posko Mudik, Menhub: Maaf Apabila Belum Maksimal

Meskipun begitu lanjut Budi, sistem satu arah ini harus terus dikembangkan ke depannya, mengingat pembangunan jalan tol akan terus bertambah. Bahkan menurutnya, mulai saat ini harus dicari alternatif lain jika nantinya sistem satu arah ini tak lagi efektif.

“Tentu di masa mendatang kita harus mempelajari lebih baik lagi,” ucapnya.

Baca Juga: Penanganan Arus Balik Lebaran 2019 Kurang Maksimal, Menhub Minta Maaf

Angka pemudik kendaraan roda empat naik hingga 17% dibandingkan tahun sebelumnya. Sementara jumlah pemudik motor mengalami penurunan hingga 12% dibandingkan tahun lalu.

Kemenhub juga mencatat terjadi penurunan angka kecelakaan. Penurunan mencapai 71%, dari semula 1.942 pada 2018 menjadi 560 kecelakaan.

“Kalau kita lihat dari yang terjadi saya menyampaikan secara kualitatif satu hal paling penting bagi Kementerian Perhubungan adalah satu analisis terhadap safety dan invorment. Karena Alhamdulillah safety ada penurunan signifikan berkaitan kecelakaan yang turun lebih dari 70%,” jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini