nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaji ke-13 PNS Segera Cair, Simak Fakta Menariknya

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 15 Juni 2019 06:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 14 320 2066467 gaji-ke-13-pns-segera-cair-simak-fakta-menariknya-E7fOIsI43O.jpg Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (Foto: Setkab)

JAKARTA - Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendapat kabar baik karena gaji ke-13 akan dicairkan pada Juni 2019. Hal itu dipastikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Okezone pun merangkum sejumlah fakta menarik terkait pencairan gaji ke-13, Sabtu (15/6/2019):

1. Gaji ke-13 Dipastikan Cair

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan, gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS) hingga pensiunan bakal cair pada bulan Juni 2019. Menurutnya pencairan akan sesuai jadwal dan tidak akan molor.

"Sesuai dengan yang kita sampaikan akan dibayarkan (gaji ke-13) pada bulan Juni ini. Nanti kita lihat, mestinya kalau hari ini tidak ada laporan, pasti sudah sesuai dengan apa yang kita jadwalkan," ujar Menkeu Sri Mulyani.

2. Gaji ke-13 Diberikan ke PNS hingga Pensiunan

Pemberian gaji ke-13 sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Berdasarkan aturan tersebut, penerima gaji ke-13 akan meliputi PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan pensiunan. Besarannya pun sesuai dengan penghasilannya yang diterima setiap bulannya.

Dalam lampiran PP ini juga disebutkan, komponen gaji ke-13 untuk PNS dan pensiunan akan berbeda. Adapun, gaji ke-13 untuk PNS hingga anggota Polri akan terdiri mulai dari gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan, hingga tunjangan kinerja. Sedangkan, pensiunan akan menerima gaji ke-13 berupa pensiunan pokok, dan tunjangan keluarga atau tunjangan penghasilan.

3. Anggaran Gaji ke-13 Dialokasikan sebesar Rp20 triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menganggarkan Rp20 triliun untuk kebutuhan pembayaran gaji ke-13 bagi PNS di tahun 2019. Anggaran tersebut naik dari tahun lalu yang sebesar Rp17,9 triliun.

Kenaikan itu juga didorong adanya peningkatan pada komponen gaji pokok PNS. Pemerintah telah menetapkan kebijakan kenaikan gaji pokok sebesar 5% sejak Januari 2019.

"Itu memang sudah termasuk adanya kenaikan gaji pokok yang 5% itu," ujar Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Marwanto.

4. Gaji ke-13 Berbarengan dengan Gaji Juli

Pencairan tersebut di lakukan bersamaan dengan gaji bulan Juli. Kepastian tersebut disampaikan langsung Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Menurut dia, saat ini satuan kerja (satker) seluruh instansi sedang dalam proses pengusulan pencairan gaji ke-13.

“Jadi nanti pembayarannya saat bersamaan dengan gaji 1 Juli. Proses sekarang sudah dilakukan. Karena sekarang sudah selesai Lebaran, jadi semua satker-satker yang memegang portofolio untuk pembayaran gaji sudah mulai mengajukan,” ucap dia.

5. Pemberian Gaji ke-13 Diarahkan untuk Persiapan Sekolah

Sri Mulyani menuturkan, komponen gaji ke-13 sama dengan tahun lalu, tidak ada perbedaan. Dia juga menuturkan, pencairan gaji ke-13 dibedakan dengan THR diarahkan untuk menyambut masa sekolah baru.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini