Beredar Surat Penerimaan CPNS 2019, BKN: Hoax

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 21 Juni 2019 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 21 320 2069246 beredar-surat-penerimaan-cpns-2019-bkn-hoax-2bhQBFhCap.jpg Konferensi Pers BKN soal CPNS 2019 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dalam beberapa hari belakangan, banyak ditemukan dokumen penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 oleh masyarakat. Dokumen tersebut bahkan sempat viral di media sosial seperti Twitter maupun Facebook.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengatakan, dokumen yang beredar dengan menggunakan nama BKN dipastikan palsu. Sebab hingga saat ini, pemerintah belum memutuskan kapan dan berapa jumlah formasi dari CPNS 2019.

Baca Juga: Picu Ketimpangan Pendapatan, Tunjangan PNS Akan Ditertibkan

“Hoax penerimaan CPNS. Sampai saat ini Panselnas sampai detik ini belum menerima arahan tentang CPNS 2019,” ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Jumat (21/6/2019)

Lanjut Ridwan, pengumuman CPNS atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan diumumkan langsung oleh pemerintah. Pengumuman biasanya melalui website resmi dari pemerintahan yang memiliki domain go.id.

“Karena CPNS atau PPPK diumumkan ke publik. Tesnya jelas,” ucapnya.

Baca Juga: Pemda Dilarang Berikan Tukin dan Insentif PNS Secara Bersamaan

Tes CPNS tidak pernah menjanjikan siapapun untuk lulus. Apalagi sampai meminta uang jaminan dengan iming-iming akan diluluskan menjadi abdi negara.

Menurutnya, meskipun sang penipu ini meminta uang saat NIP terbit, namun hal tersebut sama sekali tidak benar. Karena pasti cepat atau lambat sang penipu akan meminta uang jaminan.

“Kalau ilustrasi dari tahun 2018 itu ada anak Deputi BKN tidak lulus SKD. Apalagi kalau ada yang sampai meminta uang,” katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini