Kapan Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka? Ini Kata BKN

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 21 Juni 2019 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 21 320 2069267 kapan-pendaftaran-cpns-2019-dibuka-ini-kata-bkn-9v5d4blTQi.jpg Ilustrasi CPNS yang Akan Mengikuti Tes (Foto: Setkab)

JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih belum memastikan kapan waktu resmi pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Semula pembukaan CPNS 2019 diperkirakan akan dilakukan pada Oktober 2019.

Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan mengatakan, target Oktober hanya sebagai patokan pemerintah. Jikalau nantinya mundur, tidak ada masalah asalkan pembukaan CPNS 2019 tetap dibuka tahun ini.

“Oktober itu waktu ancer-ancer karena kan kita tidak boleh bilang sama sekali,” ujarnya saat ditemui di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Jumat (21/6/2019).

Baca Juga: Beredar Surat Penerimaan CPNS 2019, BKN: Hoax

Menurut Ridwan, saat ini pihaknya masih menunggu kebutuhan posisi CPNS atau formasi yang dibutuhkan oleh kementerian atau lembaga terkait. Nantinya formasi tersebut akan diusulkan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin.

Setelah itu data tersebut akan diproses dan diserahkan kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) untuk di masukan ke dalam sistem SSCN. Barulah pemerintah akan mengumumkan secara resmi kepada masyarakat mengenai pembukaan CPNS ini.

Baca Juga: Picu Ketimpangan Pendapatan, Tunjangan PNS Akan Ditertibkan

"Belum bisa dipastikan, karena kita masih menunggu kebutuhan posisi yang bakal diisi oleh Kementerian atau Lembaga yang nanti akan diserahkan kepada Menpan-RB, setelah itu baru Menpan-RB menyerahkan kebutuhan itu kepada Kepala BKN selaku Kepala Seleksi Nasional CPNS," jelasnya.

Ridwan membenarkan jika kebutuhan pegawai pemerintah pada tahun ini adalah 254.137 orang. Angka tersebut terdiri dari PPPK, CPNS dan Sekolah Kedinasan. Adapun rinciannya adalah untuk pemerintah pusat sebanyak 46.425 orang, untuk pemerintah daerah sebanyak 207.748 orang.

“Jadi waktu itu adalah ancer-ancer saja, karena tidak boleh blank kan. Pak Menpan melaporkan ada sekitar 250 ribu lebih itu kan target tahun ini yang sekarang sedang diproses. Nanti setelah proses kebutuhan formasi dari Kementerian/Lembaganya sudah jelas, baru kita akan umumkan pembukaannya," kata Ridwan.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini