nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wajah Kota Harus Semakin Muda meski Usia Tua

Agregasi Solopos, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 14:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 04 470 2074577 wajah-kota-harus-semakin-muda-meski-usia-tua-YcUEfHci9U.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

SEMARANG — Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta wajah kota harus semakin muda meski usianya semakin tua. Permintaan itu dia sampaikan saat membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu 3 Juli 2019.

Dia mengingatkan wajah kota harus semakin muda ditunjukkan dengan pelayanan yang harus semakin tinggi, mempertahankan identitas diri dan jangan sampai kehilangan jati diri. Menurut dia, tantangan pemerintah kota ke depan akan semakin berat.

 Baca Juga: Ibu Kota Pindah Butuh Rp466 Triliun, Kepala Bappenas: Tidak Akan Beratkan APBN

Berbagai permasalahan ke depan yang akan dihadapi antara lain urbanisasi yang masih tinggi, lapangan pekerjaan, perumahan, bahan kebutuhan pokok, serta transportasi. Ia juga meminta para wali kota untuk segera menyesuaikan diri dengan rencana pembangunan jangka menengah 2020-2025 yang merupakan visi-misi presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Sementara, Ketua Dewan Pengurus Apeksi Airin Racmi Diany mengatakan seluruh pemerintah kota sudah sepakat untuk maju bersama demi kesejahteraan masyarakat. "Tidak ada lagi kota yang maju sendiri, tidak ada kota yang tertinggal," katanya.

 Baca Juga: 10 Kota Tua Dunia dengan Arsitektur yang Indah dan Unik

Sebanyak 92 wali kota hadir dalam pelaksanaan Rakernas XIV Apeksi di Semarang, 3 hingga 4 Juli 2019. Salah satu agenda yang akan dilaksanakan tersebut yakni perluasan zona integritas di lingkungan pemerintahan.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini