Tak Hanya Brebes, Bantaeng Punya Bawang Merah Namanya Lokana

Rani Hardjanti, Jurnalis · Senin 15 Juli 2019 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 15 320 2079161 tak-hanya-brebes-bantaeng-punya-bawang-merah-namanya-lokana-kGG1SpSUY6.png Foto: Bawang Merah Lokana (Instagram Kementan)

JAKARTA - Brebes menjadi kabupaten yang identik dengan produsen bawang merah. Tetapi ada juga bawang namanya, Lokana, yang menjadi varietas unggul dari Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

"SobaTani, ada lho bawang merah varietas lokal. Namanya Lokana dan sudah ditanam di Kabupaten Bantaeng. Yuk berkenalan dengan Lokana," demikian kutipan Instagram Kementerian Pertanian, Senin (15/7/2019).

 Baca Juga: Bea Cukai Aceh Hibahkan 30 Ton Bawang Merah ke Pemerintah

Keberadaan bawang merah sangat penting bagi kehidupan di Indonesia. Tadi hanya sangat bermanfaat bagi bumbu dapur, tetapi juga lekat dengan angka inflasi. Jadi keragaman varietas bawang merah terus dikembangkan.

Setelah dikembangkan hampir dua dasawarsa, jenis bawang merah ini telah beradaptasi dengan lingkungan lokal. Bawang ini dikembangkan secara luas oleh petani di wilayah Uluere, Erenmerasa dan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, dengan ketinggian berkisar 800-1.400 m dpl. Luas pertanaman lebih dari 1.500 hektare per tahun.

 Baca Juga: Petani Bawang Merah Brebes Panen, Hasilnya Untung

Calon varietas asal Bantaeng ini secara fisik memiliki perbedaan dengan varietas super phillip ataupun batu ijo. Karakter buahnya lebih lonjong. Potensi produksinya yang dapat mencapai lebih dari 20 ton per hektare umbi kering, jauh dari provitas super philip yang rata-rata 17,6 ton per hektare umbi kering.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini