nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Luhut Sebut Lelang Ikan Online Permudah Nelayan

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 03:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 21 320 2081695 menko-luhut-sebut-lelang-ikan-online-permudah-nelayan-sWpXS4rY4i.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan lelang ikan secara online ini sangat membantu para nelayan. Dengan pelelangan online, nantinya para nelayan tidak perlu lagi menggunakan uang sebagai alat transaksi karena mereka bisa memberitahu hasil panen mereka ke fish market ketika mereka masih berada di laut.

Hal tersebut dia katakan dalam acara peresmian tempat pelelangan ikan (TPI) dalam jaringan (daring/online) pertama di Indonesia pada proyek percontohan Program Satu Juta Nelayan Berdaulat di TPI Palangpang, Sukabumi, Jawa Barat.

“Jadi mereka masih di laut, tapi fish market sudah tau apa yang didapat, apa hasilnya, sudah ada transaksinya. Nah untuk menunjang ini, kita kerja sama dengan startup pemancar sinyal dari Net1, yang bisa memancarkan dengan jarak sampai 60 km ke tengah laut, bisa wifi,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga meresmikan Gerai Fish Mart dan Pelepasan Nelayan Melaut.

“Program Satu Juta Nelayan Berdaulat ini dilaksanakan bukan hanya di Sukabumi saja, tetapi juga di seluruh Indonesia, tetapi diresmikan pertama kali di sini (Sukabumi). Jadi memang kita mulai dari Ciwaru, Sukabumi, sini, dan nanti akan dikembangkan ke mana-mana,” jelasnya

Baca Selengkapnya: Menko Luhut Resmikan Pelelangan Ikan Daring Pertama di RI

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini