nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, LPJK Siapkan 6.000 Kontraktor

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 10:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 22 470 2081879 ibu-kota-pindah-ke-kalimantan-lpjk-siapkan-6-000-kontraktor-Z415xQVUM6.jpg Infrastruktur (Reuters)

JAKARTA - Wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta menuju daerah di Kalimantan rupanya bukan hanya isapan jempol belaka. Memang saat ini belum diumumkan daerah yang akan dijadikan sebagai ibu kota baru.

Namun sudah ada beberapa hal yang saat ini sedang dipersiapkan oleh persiapkan oleh. Seperti salah satunya adalah kebutuhan kontraktor dan tenaga kerja konstruksinya.

 Baca juga: Pindahkan Ibu Kota, Bappenas Ingin Perkecil Utang

Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Kalimantan Timur (Kaltim) Heru Cahyono mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan perintah dari pemerintah pusat untuk menyiapkan tenaga kerja dan kontraktornya. Apalagi mengingat calon ibu kota baru itu nantinya akan terletak di Kalimantan.

Infrastruktur

“Kami sebagai orang disana dsri sumber daya manusianya. Lebih banyak menggunakan,” ujarnya kepada Okezone, Senin (22/7/2019).

 Baca juga: Teka-teki Lokasi Ibu Kota Baru, Kalimantan Mana?

Heru menambahkan, untuk pemindahan ibu kota, pihaknya akan menyiapkan 6.000 badan usaha (kontraktor). Dari jumlah tersebut terdiri dari berbagai macam sektor kontraktor dari mulai konstruksi hingga elektrikal.

Sementara itu jumlah tenaga kerja yang disiapkan adalah sebanyak 12.000 tenaga konstruksi. Jumlah tersebut merupakan tenaga kerja lokas yang sudah siap pakai karena sudah memiliki sertifikat tenaga konstruksi.

“Di sana SDM badan usaha 6.000 untuk tenaga ahli 12.000 tenaga. Masih banyak. Ada kontraktor umum dan kontraktor elektrikal,” ucapnya.

Heru pun mengaku antusias dengan wacana pemindahan ini. Selain mendukung pemerataan ekonomi, pihaknya sebagai penyedia jasa memandang pemindahan ibu kota sebagai sebuah bisnis yang bagus.

“Kadin kaltim dan LPJK kaltim rencana pemindahan ibu kota harus prepare artinya ada oportunity kita,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini